PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Lily Eka Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236

:

https://doi.org/10.9744/share.4.1.13-18

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, alat peraga, metode mengajar

Abstract

Di Indonesia, jumlah anak berkebutuhan khusus yang berusia sekolah terus me­ningkat. Sekolah dan orang tua murid perlu berkolaborasi untuk mendukung proses belajar siswa. Dalam hal ini, perlu ada pengadaan dan penggunaan alat peraga bagi siswa berkebutuh­an khusus. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji manfaat pembuatan dan penggunaan alat peraga bagi anak berkebutuhan khusus. Pembuatan dan penggunaan alat peraga ditujukan terutama bagi siswa berkebutuhan khusus di tingkat Sekolah Dasar, di sekitar Sekolah Teologi Kristen Pelangi Kristus, Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, digunakan metode direct teaching dan praktik agar setiap peserta bisa  menyesuaikan alat peraga dengan kebutuhan siswa. Hasil pelatihan yang telah dilakukan di Sekolah Teologi Kristen Pelangi Kristus, Surabaya menun­juk­kan bahwa siswa mampu menangkap materi pembelajaran jika diadakan adaptasi dan modifikasi cara menyampaikan materi.

References

Badan Pusat Statistik. (2015). Penduduk Indonesia: Hasil survei penduduk antar sensus 2015.

Boat, Thomas F. and Wu, Joel T., “Mental Disorders and Disabilities Among Low-Income Children.” The national Academies Press, 2015.

Centers for Disease Control and Prevention., U.S. Department of Health & Human Services https://www.cdc.gov/ncbddd/developmentaldisabilities/features/birthdefects-dd-keyfindings. html

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Disabilitas. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://kbbi. kemdikbud.go.id/entri/disabilitas

Kaldenberg, E. et al. 2014. Reading Instruction in Science for Students with Learning Disabilities: A Meta-Analysis. Learning Disability Quarterly, Hammill Institute on Disabilities: 1-14.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Situasi penyandang disabilitas. Buletin Jendela Data & Informasi Kesehatan, Semester 2, 2014.

National Dissemination Center for Children with Disabilities. 2004. Learning Disabilities. Disability Fact Sheet, no.7 (January). http://www. nichcy.org/pubs/factshe/fs7.pdf.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014, December 3). Penyandang disabilitas pada anak.

Downloads

Published

2018-11-06

How to Cite

Eka Sari, L. (2018). PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Share: Journal of Service Learning, 4(1), 13-18. https://doi.org/10.9744/share.4.1.13-18