DOI: https://doi.org/10.9744/share.4.2.1-9

RESPON EKOLOGIS DAN KREATIF BEBAN LIMBAH FURNITUR RUSAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN

Monika Evelin, Feliecia Angelina, Yusita Kusumarini

Abstract


Limbah furnitur rusak di institusi pendidikan adalah permasalahan rutin yang cukup menjadi beban bagi pengelola sarana prasarana di institusi pendidikan. Sebagai studi kasus dalam bahasan ini adalah menumpuknya furnitur rusak di Universitas Kristen Petra.Isu tersebut menjadi materi kasus yang dipilih dan perlu diselesaikan dalam mata kuliah Eko-Desain Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra pada tahun 2018. Fenomena menumpuknya furnitur rusak di gudang UPPK (Unit Pemeliharaan dan Pelayanan Kampus) dipandang sebagai bagian dari permasalahan lingkungan kampus yang perlu diresponi secara ekologis dan kreatif. Respon terhadap permasalahan tersebut diproseskan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dan pemangku kepentingan, dengan pendekatan design thinking dan metode service-learning. Hasil dari proses pembelajaran tersebut adalah 21 produk kreatif berupa furnitur baru untuk memenuhi kebutuhan aktivitas di kampus

Keywords


Respon ekologis-kreatif; service learning; design thinking

Full Text:

PDF

References


Ciwendro,C. 2014. Kajian Terapan Eko-Interior Pada Objek Rancangan Bangun Karya Baskoro Tedjo. Dimensi Interior. 12(1): 7.

Fuad–Luke. 2004. The Eco-Design Handbook: Com¬plete Sourcebook for the Home and Office Hard¬cover.2 (Second), Eastbourne-UK.

Nusanti,I. 2014. Strategi Service Learning Sebuah Kajian Untuk Mengembangkan Kegiatan Pem¬be¬lajaran. Pendidikan Dan Kebudayaan. 20(2): 253-254.

Kusumarini, Y, Agus S, Budi I. 2007. Kajian Terap¬an Eko-Interior pada Bangunan Berwawasan Ling¬kungan Rumah Dr. Heinz Frick di Sema¬rang; Kantor PPLH di Mojokerto; Perkantoran Graha Wonokoyo di Surabaya. ITB J.Vis.Art. 1D (2): 280,282-283.




DOI: https://doi.org/10.9744/share.4.2.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


©All right reserved 2016.SHARE, ISSN: 2338-7866

website statistics
View My Stats