RESPON EKOLOGIS DAN KREATIF BEBAN LIMBAH FURNITUR RUSAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN
:
https://doi.org/10.9744/share.4.2.1-9Keywords:
Respon ekologis-kreatif, service learning, design thinkingAbstract
Limbah furnitur rusak di institusi pendidikan adalah permasalahan rutin yang cukup menjadi beban bagi pengelola sarana prasarana di institusi pendidikan. Sebagai studi kasus dalam bahasan ini adalah menumpuknya furnitur rusak di Universitas Kristen Petra.Isu tersebut menjadi materi kasus yang dipilih dan perlu diselesaikan dalam mata kuliah Eko-Desain Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra pada tahun 2018. Fenomena menumpuknya furnitur rusak di gudang UPPK (Unit Pemeliharaan dan Pelayanan Kampus) dipandang sebagai bagian dari permasalahan lingkungan kampus yang perlu diresponi secara ekologis dan kreatif. Respon terhadap permasalahan tersebut diproseskan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dan pemangku kepentingan, dengan pendekatan design thinking dan metode service-learning. Hasil dari proses pembelajaran tersebut adalah 21 produk kreatif berupa furnitur baru untuk memenuhi kebutuhan aktivitas di kampusReferences
Ciwendro,C. 2014. Kajian Terapan Eko-Interior Pada Objek Rancangan Bangun Karya Baskoro Tedjo. Dimensi Interior. 12(1): 7.
Fuad–Luke. 2004. The Eco-Design Handbook: Com¬plete Sourcebook for the Home and Office Hard¬cover.2 (Second), Eastbourne-UK.
Nusanti,I. 2014. Strategi Service Learning Sebuah Kajian Untuk Mengembangkan Kegiatan Pem¬be¬lajaran. Pendidikan Dan Kebudayaan. 20(2): 253-254.
Kusumarini, Y, Agus S, Budi I. 2007. Kajian Terap¬an Eko-Interior pada Bangunan Berwawasan Ling¬kungan Rumah Dr. Heinz Frick di Sema¬rang; Kantor PPLH di Mojokerto; Perkantoran Graha Wonokoyo di Surabaya. ITB J.Vis.Art. 1D (2): 280,282-283.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).