PERANCANGAN FASILITAS DISPLAY MAKET FURNITUR MENGGUNAKAN MATERIAL BEKAS BANGUNAN DAN FURNITUR KAMPUS (Studi Kasus: Service Learning Mata Kuliah Eko Desain 2017)

Authors

  • Monica Santoso Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Christine Yulie Kurniawan Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Yusita Kusumarini Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/share.4.2.32-40

Keywords:

Design thinking, service learning, display maket, material bekas

Abstract

Mata kuliah Eko-Desain 2017 di Program Studi Desain Interior meresponi per­masalah­an menumpuknya solid waste di kampus dengan metode service-learning untuk membantu memberikan alternatif solusi terhadap menumpuknya solid waste di institusi pendidikan Universitas Kristen Petra. Solid waste yang diresponi adalah menumpuknya fur­nitur bekas aktivitas kampus yang sudah habis masa pakainya, dan material bongkaran bangunan renovasi kampus yang telah menumpuk menjadi material bekas. Material bekas yang dipilih adalah kaca nako bekas jendela bangunan lama kampus dan besi bekas kursi kuliah. Prinsip eko-desain yang diterapkan adalah perancangan produk dari material bekas tersebut untuk menjadi produk fasilitas kampus kembali. Metode yang digunakan dalam proses perancangan produk adalah design thinking. Metode yang digunakan dalam proses pembelajar­an adalah service-learning. Mitra dalam proses service-learning MK eko-Desain 2017 adalah civitas pengguna galeri pameran Program Studi Desain Interior, Unit Pelayanan dan Peme­lihara­an Kampus, dan Wakil Rektor yang mengelola Sarana dan Prasarana Kampus. Peran­cangan ini menghasilkan tiga model produk display maket furnitur dengan gaya modern-minimalis yang dapat juga digunakan di berbagai ruangan untuk fungsi lain-lain

References

Huda, N, dan Dewi, Novi Ratna. (2012). Peman¬faatan Kertas Bekas Bungkus Rokok Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mem¬buat Rangkaian Listrik 3 In 1. Unnes Science Education Journal, Vol. 1, No. 1: 44-49.

Khairi, Zaimmudin. (2012). Efektivitas Media Ma¬ket Sebagai Representasi Karya Perancangan Arsitektur di Era Digital. FT UI.

https://www.interaction-design.org/literature/topics/ design-thinking.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Santoso, M., Kurniawan, C. Y., & Kusumarini, Y. (2019). PERANCANGAN FASILITAS DISPLAY MAKET FURNITUR MENGGUNAKAN MATERIAL BEKAS BANGUNAN DAN FURNITUR KAMPUS (Studi Kasus: Service Learning Mata Kuliah Eko Desain 2017). Share: Journal of Service Learning, 4(2), 56-61. https://doi.org/10.9744/share.4.2.32-40

Issue

Section

Articles