DOI: https://doi.org/10.9744/share.4.2.41-54

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM EDUTAINMENT UNTUK RE-AKSESBILITAS INFORMASI BERBASIS TEKNOMEDIA PADA ORGANISASI PEREMPUAN GEREJA DI GKJW JAMBANGAN SURABAYA DAN WARU SIDOARJO)

Gatut Priyowidodo, Yustisia D. Sari, Inri Inggrit I.

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan Pemberdayaan Perempuan  Melalui  Program Edutainment Untuk Re-Aksesbilitas Informasi Berbasis Teknomedia Pada Organisasi Perempuan Gereja (Pilot Project Information Literacy Di GKJW Jambangan Surabaya Dan Waru Sidoarjo ini adalah dalam rangka penerapan ipteks kepada masyarakat selaku stakeholder. Tujuan kegiatan ini adalah Perempuan  di GKJW Jambangan Surabaya dan Waru Sidoarjo terbentuk ketrampilan melek informasi, mampu mengelola informasi yang ada serta memahami, memiliki dan memanfaatkan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran kegiatan ini adalah perempuan gerejawi yang terwadahi oleh Komisi Pembinaan Peranan Wanita (KPPW) di GKJW Jambangan Surabaya dan Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah pendidikan dan pelatihan program Edutainment  untuk aksesbilitas informasi berbasis teknomedia. Melalui kegiatan ini, para pengabdi masyarakat mencoba memperkenalkan penggunaan teknomedia berbasis android dengan menggunakan smartphone. Tahap pertama adalah melalui perkenalan alat yakni smartphone, dan selanjutnya pengenalan atau pengaplikasian sistem informasi melalui kuis tebak tokoh dengan cara men-download software aplikasi di smartphone yang berbasis android.


Keywords


Pemberdayaan perempuan; program edutainment; teknomedia; KPPW GKJW Jambangan dan Waru

Full Text:

PDF

References


Creeber, G. & R. Martin. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire, Eng¬land: McGraw-Hill.

Fuctis, Christian. (2011). Foundations of Critical Media and Informations Studies. USA & Cana¬da: Routledge.

Griffin, A., (2011). Social Media vs. Traditional Media: Competing or Complementary Channels? http://www.griffinstrategies.com/_blog/Griffin_Strategies_Blog/

Jamie, (2013). Digital and Traditional Media: More Similar Than You Think http://www.raidious. com/owned-media/digital-and-traditional-media-more-similar-than-you-think/

Leaning, Marcus. (2009). Issues In Informatons And Media Literacy: Criticism, History And Policy. USA : Informing Science Press.

Majelis Agung, (2010). Tentang GKJW http://www. gkjw.web.id/sekilas-mengenal-gkjw

Nagasvare D/O M. Krishnasamy (2012). New Media vs Traditional Media http://www.aibd.org.my/ node/1226post/Social_Media_vs_Traditional_Media_Competing_or_Complementary_Channels

Salman,A., Faridah I., Abdullah,M., Mustaffa,N., & Mahbob, M.H., (2011). The Impact of New Media on Traditional Mainstream Mass Media. The Innovation Journal: The Public Sector Innovation Journal, 16(3), 1-11

Wright, D.K., & Burson, H. (2012). Examining How Social and Emerging Media Have Been Used in Public Relations Between 2006 and 2012: A Longitudinal Analysis Paper was presented at the 12th Annual BledCom Conference in Bled, Slovenia, July 6.




DOI: https://doi.org/10.9744/share.4.2.41-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by :

PJKM

©All right reserved 2016.SHARE, ISSN: 2338-7866

website statistics
View My Stats