CSR BERBASIS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS UNTUK PEMBERDAYAAN KOMUNITAS TEGALSARI

Authors

  • Titi Nur Vidyarini Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
  • Yustisia Ditya Sari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/share.5.1.20-26

Keywords:

CSR, communication, public relations, community

Abstract

Corporate Social responsibility (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) dipandang sebagai puncak tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat. Di rana public relations, praktsi bertugas untuk menciptakan dan melaksanakan inisiatif CSR. Sebagai sebuah latihan untuk ketrampilan PR, mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra bekerjasama dengan Habitat for Huma­nity, menciptakan inisiatif CSR. Lokasi pelaksanaan adalah kecamatan Tegalsari Sura­baya. Para mahasiswa menyasar penduduk di sana, secara khusus anak sekolah dasar, pemuda dan ibu-ibu rumah tangga. Tema program mereka bervariasi yaitu kesehatan, lingkungan sehat, teknologi berbasis internet dan identitas kampung. Program berjalan selama 6 minggu, dan pada saat itu mahasiswa bergabung dengan penduduk kampung dan mengerjakan program mereka sesuai sasaran masing-masing kelompok

References

Ardianto, E., & Machfudz, D. M. (2011). Efek kedermawanan pebisnis dan CSR. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Benn, S., Todd, L. R., & Pendleton, J. (2010). Public Relations Leadership in Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics, 96(3), 403–423. doi: 10.1007/s10551-010-0474-5

Broom, G. M. (2009). Cutlip & Center's Effective Public Relations (10th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Coombs, W.T. & Holladay, S.J. (2012). Managing Corporate Social Responsibility: a communication approach. West Sussex: Wiley-Blackwell

Elkington, J. (1997). Cannibal with forks. Oxford: Capstone

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: from charity to sustainability. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wibisono, Y (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.

Downloads

Published

2020-01-08

How to Cite

Vidyarini, T. N., & Sari, Y. D. (2020). CSR BERBASIS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS UNTUK PEMBERDAYAAN KOMUNITAS TEGALSARI. Share: Journal of Service Learning, 5(1), 20-26. https://doi.org/10.9744/share.5.1.20-26