Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa-Siswi Sekolah Luar Biasa Sidoarjo

Authors

  • Aulia Afniar Rahmawati Stikosa-AWS
  • Mochammad Arkansyah Stikosa-AWS
  • Athok Murtadlo Stikosa-AWS

:

https://doi.org/10.9744/share.10.2.111-118

Keywords:

pengabdian masyarakat, siswa – siswi SLB, SMALB Sidoarjo, pelatihan TIK

Abstract

Pendidikan Teknologi dan Informasi merupakan kebutuhan penting pada era modern saat ini yang mana siswa-siswi dituntut untuk mempelajari bidang teknologi sebagai penguatan masa depan. Kegiatan peningkatan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa siswi sekolah luar biasa ini mengajarkan untuk memahami tools pada computer. Tools perangkat lunak sangat penting untuk memfasilitasi berbagai tugas dan aktivitas yang dilakukan komputer. sistem operasi seperti Windows yang membantu menjalankan tugas dasar komputer hingga aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office, Google Workspace, dan sebagainya. Selain itu keterampilan untuk membantu dalam produksi desain grafis dan multimedia, serta pengolahan data dan kolaborasi.  Selain itu, program pengolahan gambar seperti Photoshop, Illustrator dan canva memungkinkan pengguna membuat karya seni digital yang sangat rinci. Secara keseluruhan, alat perangkat lunak ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kreatifitas pengguna komputer kontemporer. Tidak hanya perangkat lunak namun keterampilan perangkat keras juga dibutuhkan dalam peningkatan IT seperti memahami monitor, cpu, keyboard dan sebagainya. Motivasi dari kegiatan ini adalah ingin memberikan peningkatan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi dengan memberikan praktik secara ofline untuk siswa -siswi Sekolah Luar biasa (SLB) tingkat SMA agar mereka mendapatkan bekal skill mengoprasikan komputer. Tahapan program pengabdian masyarakat ini adalah melakukan perencanaan yang mana Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Stikosa-AWS berkerjasama dengan BPSDMP Kominfo Surabaya terkait fasilitas – fasilitas yang diberikan siswa-siswi SLB, selanjutnya pemilihan instruktur dan asisten instruktur dalam pengajarannya, kemudian pelaksanaan kegiatan serta evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dapat diketahui dari respon guru-guru Sekolah Luar Biasa Sidoarjo mengapresiasi Stikosa-AWS dan BPSDMP Kominfo Surabaya dengan memberikan fasilitas serta pelatihan untuk siswa-siswinya. Kemudian peningkatan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi siswa -siwi menjandi meningkat dari hasil proyek selama pembelajaran sehingga mereka dapat mengoprasikan komputer dengan baik.

Author Biographies

Aulia Afniar Rahmawati, Stikosa-AWS

Prodi Ilmu Komunikasi, Stikosa-AWS

Mochammad Arkansyah, Stikosa-AWS

Prodi Ilmu Komunikasi, Stikosa-AWS

Athok Murtadlo, Stikosa-AWS

Prodi Ilmu Komunikasi, Stikosa-AWS

References

Anjarsari, A.D., Efendy, M., & Sulthoni (2018). Penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104.

Ariani, S.S. (2019). Persepsi mahasiswa dalam pengimplementasian tri daharma perguruan tinggi. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 3(1), 59–77. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3414/2511.

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya, 4(1), 59–62. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v4i1.9042.

Maria, A. (2020). Analisa SWOT sebagai dasar penyusunan strategi pembukaan RPL Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 3(26), 1–14.

Mujito, Mustika, Asmanto, B., & Prabowo, D. (2021). Pelatihan TIK via aplikasi zoom pada Sekolah Luar Biasa Wiyata Dharma Kota Metro. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 95. https://doi.org/10.24127/sss.v5i1.1512.

Nasution, F., Anggraini, L.Y., & Putri, K. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan jenis-jenis Sekolah Luar Biasa. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.

Nyoman, I. (2022). Hubungan beban kerja dengan kejadian low back pain pada perawat di RSUD Denpasar [Preprint].

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusman. (2015). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Mengembangkan profesionalitas guru. 1 ed. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Warsah, I. (2022). Evaluasi pembelajaran (Konsep, Fungsi dan tujuan). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 190.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Rahmawati, A. A., Arkansyah, M., & Murtadlo, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa-Siswi Sekolah Luar Biasa Sidoarjo. Share: Journal of Service Learning, 10(2), 111-118. https://doi.org/10.9744/share.10.2.111-118