PERAN MEDIA AJAR DALAM PENDIDIKAN KEUANGAN PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PROGRAM SERVICE LEARNING MATA KULIAH PERSONAL FINANCE
:
https://doi.org/10.9744/share.4.1.1-6Keywords:
media ajar, pendidikan keuangan, Taman Kanak-kanak.Abstract
Pendidikan anak pada jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan fondasi bagi pembentukan kepribadian pada jenjang usia berikutnya hingga dewasa. Salah satu materi pendidikan yang harus diberikan, yaitu pendidikan dalam mengelola uang, khususnya menanamkan kebiasaan menabung dan perasaan bangga pada kemampuan anak, karena memiliki kemampuan untuk membeli sesuatu yang diinginkan dari uang sendiri. Materi pendidikan yang juga penting untuk diberikan kepada siswa Taman Kanak-kanak, yaitu pengenalan terhadap uang sebagai instrumen transaksi sehari-hari. Media aktivitas yang dipilih untuk menanamkan kegemaran menabung melalui gerak dan lagu, cerita, panggung boneka, dan mewarnai. Sedangkan pengenalan terhadap uang disampaikan melalui media tutorial dengan menggunakan peraga dan role playing (bermain peran).References
Ahyani, L. N. (2010). Metode Dongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 24-32.
Asuh Anak. (2014). Inilah Cara Mengenalkan Uang kepada Anak. Retrieved Agustus 24, 2016, from Asuh Anak: http://www.asuhanak.com/2015/02/inilah-cara-mengenalkan-uang-kepada-anak. html
Bidanku. (2016). Manfaat Cerita Dongeng Anak-anak Bagi Perkembangan Buah Hati Kita. Retrieved Juli 18, 2016, from Bidanku: http://bidanku.com/manfaat-cerita-dongeng-anak-anak-bagi-perkembangan-buah-hati-kita
biMBA AIUEO. (2013, Desember 30). Manfaat Mewarnai dan Menggambar bagi Anak. Diakses dari biMBA AIUEO: http://www.bimba-aiueo. com/manfaat-mewarnai-dan-menggambar-bagi-anak/
Fadhilah, N. (2014). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri .
Fitriani, D., & Reza, M. (2013). Mengembangkan Kegiatan Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun. ejournal.unesa.ac.id, 1-6.
Gunansyah, G. (2010, Nopember 3). Orientasi Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Diakses dari Kompasiana: http://www.kompasiana.com/www.pgsd-unesa.ac.id/orientasi-penyelenggaraan-pendidikan-dasar-berbasis-pendidikan-karakter_55003ec5a33311177351019f
Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Onformal, Dan Informal.
Mulyadi, S., & Trizki, L. (2012). Financial Parenting: Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat Mengelola Uang. Jakarta: Noura Books.
Nakita. (2016). 6 Manfaat Bermain Peran Bagi Kecerdasan Anak. Retrieved Agustus 22, 2016, from Nakita: http://www.tabloid-nakita.com/ read/4154/6-manfaat-bermain-peran-bagi-kecerdasan-anak-
Rachmayanti, R. D. (2011). Penggunaan Media Panggung Boneka dalam Pendidikan Personal Hygiene Cuci Tangan Menggunakan Sabun di Air Mengalir. Promosi Kesehatan, 1-13.
Risnawati, V. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di Taman Kanak–kanak Padang. Pesona PAUD, 1-10.
Sitepu, A. L. (2013, Juli 25). 5 Langkah Mendidik Anak agar Mau Menabung Sejak Dini. Retrieved Juli 18, 2016, from Wolipop: http:// wolipop.detik.com/read/2013/07/25/104711/ 2313837/857/5-langkah-mendidik-anak-agar-mau-menabung-sejak-dini-
Unilever. (2016). Rinso. Diakses dari Kegiatan Mewarnai bagi Pertumbuhan Anak Balita: https://www.rinso.co.id/perkembangan-anak/kegiatan-mewarnai-bagi-pertumbuhan-anak-balita/
Verawati. (2015, Januari 22). Cerdaskan Anak Dengan Dongeng. Retrieved Juli 18, 2016, from Pustaka Pelangi: http://www.pustakapelangi. com/cerdaskan-anak-dengan-dongeng/
Wijayanti, W. (2008). Peran pengelolaan pendidikan di Taman Kanak-kanak. Fondasia, 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).