PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMAHAMI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MEDIA ONLINE (KONSEP E-COMMERCE) DI GPDI SEJAHTERA JUNREJO BATU MALANG

Authors

  • Gatut Priyowidodo Department of Communication, Petra Christian University, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
  • Yustisia D. Sari Department of Communication, Petra Christian University, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
  • Inri Inggrit I. Department of Communication, Petra Christian University, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/share.5.1.1-8

Keywords:

Pemberdayaan Perempuan, komunikasi pemasaran, e-commerce, GPDI Sejahtera Junrejo Batu Malang.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan pemberdayaan perempuan dalam memahami komunikasi pemasaran pada media online (konsep e-commerce) di GPDI Sejahtera Junrejo Batu Malang adalah dalam rangka perwujudan tanggung jawab pendidik pada masyarakat selaku stakeholder. Tujuan kegiatan ini adalah Persekutuan Perempuan di GPDI Sejahtera Batu Malang terbentuk ketrampilan melek informasi, mampu mengelola informasi serta memahami komunikasi pemasaran dalam bentuk shopping online sebagai konsep e-commerce. Sasaran kegiatan ini adalah perempuan gereja yang terwadahi oleh Persekutuan Perempuan (PKP) di GPDI Sejahtera Junrejo Batu Malang sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah pelatihan media informasi dan komunikasi pemasaran, serta edukasi terkait e-commerce dalam konsep shopping online. Waktu pelaksanaan kegiatan dalam kurun waktu satu tahun. Indikator  keberhasilan ibu-ibu memiliki pemahaman mengenai komunikasi pemasaran, pemahaman terkait e-commerce serta bisnis shopping online. Adapun output kegiatan ini adalah publikasi/artikel dalam jurnal pengabdian masyarakat.

References

Creeber, G. & R. Martin. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire, England: McGraw-Hill.

Fuctis, Christian. (2011). Foundations of Critical Media and Informations Studies. USA & Canada: Routledge

Griffin, A., (2011). Social Media vs. Traditional Media: Competing or Complementary Channels? http://www.griffinstrategies.com/_blog/Griffin_Strategies_Blog/

Jamie, (2013). Digital and Traditional Media: More Similar Than You Think http://www.raidious. com/owned-media/digital-and-traditional-media-more-similar-than-you-think/

Leaning, Marcus. (2009). Issues In Informatons And Media Literacy: Criticism, History And Policy. USA : Informing Science Press.

Majelis Agung, (2010). Tentang GKJW http://www. gkjw.web.id/sekilas-mengenal-gkjw.

Nagasvare D/O M. Krishnasamy (2012). New Media vs Traditional Mediahttp://www.aibd.org.my/ node/1226post/Social_Media_vs_Traditional_Media_Competing_or_Complementary_Channels/

Salman, A., Faridah I., Abdullah,M., Mustaffa,N., & Mahbob,M.H., (2011). The Impact of New Media on Traditional Mainstream Mass Media. The Innovation Journal: The Public Sector Innovation Journal, Vol. 16(3), 1-11.

Wright, D.K., &Burson, H. (2012). Examining How Social and Emerging Media Have Been Used in Public Relations Between 2006 and 2012: A Longitudinal Analysis Paper was presented at the 12th Annual BledCom Conference in Bled, Slovenia, July 6.

Downloads

Published

2020-01-08

How to Cite

Priyowidodo, G., D. Sari, Y., & Inggrit I., I. (2020). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMAHAMI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MEDIA ONLINE (KONSEP E-COMMERCE) DI GPDI SEJAHTERA JUNREJO BATU MALANG. Share: Journal of Service Learning, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.9744/share.5.1.1-8