PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DI DESA SILLU, KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.5.1.27-32Keywords:
Service Learning, sekolah alam, desa Silu, pengelolaan sumber daya lingkungan, dan arsitekturAbstract
Dalam meyelesaikan pendidikan Strata 1 sebagai mahasiswa di Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra mewajibkan mahasiswa untuk mengalami proses belajar dengan metode Service Learning (SL). Semenjak tahun 2010, pengalaman belajar dengan metode ini agaknya telah memberikan sebuah wacana baru bagi setiap mahasiswa Arsitektur Universitas Kristen Petra. Kegiatan ini telah mengetuk kepedulian mahasiswa untuk mengangkat masalah – masalah yang ditemukan di lapangan dan ditindaklanjuti dalam bentuk sebuah gagasan pengembangan desain. Sebuah perancangan sekolah terpadu berbasiskan metode sekolah alam yang digagas oleh mahasiswa tingkat akhir di program studi Arsitektur, digagas sebagai sebuah pengejahwantahan pengalaman belajar metode SL bersama komunitas nyata di lapangan, yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih bagi perkembangan di Desa Sillu. Perancangan Sekolah Alam di Desa Silu ini diharapkan mampu memberikan gagasan akan pengelolaan sumber daya lingkungan baik manusia, alam maupun sumber daya buatan ( bangunan / arsitektur ) itu sendiri sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat yang masih berada di bawah garis kemiskinan dengan tidak mengesampingkan kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat Sillu sendiriReferences
Krusche dalam Frick, Heinz dan Suskiyatno, FX. Bambang, Dasar–Dasar Eko–Arsitektur, Penerbit Kanisius dan Soegijapranata University Press, Semarang, 1998, hlm. 39-40.
Frick, Heinz dan Suskiyatno, FX. Bambang, Dasar–Dasar Eko–Arsitektur, Penerbit Kanisius dan Soegijapranata University Press, Semarang, 1998 , hlm. 68
Frick, Heinz dan Tri Hesti Mulyani, Arsitektur Ekologis, Penerbit Kanisius dan Soegijapranata University Press, Semarang, 2006 , hlm. 105
Frick, Heins, Ardiyanto, Anthonius, dan Darmawan, AMS, Ilmu Fisika Bangunan, Penerbit Kanisius dan Soegijapranata University Press, Semarang, 2008, hal. 87-91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).