PKM PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA KERIPIK MANGROVE DESA TAMBAKREJO, SUMBERMANJING WETAN, KABUPATEN MALANG

Authors

  • Riril Mardiana Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang
  • Roni Alim Ba’diya Kusufa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yoyok Seby Dwanoko3 Fakultas Sain dan Teknologi, , Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.5.2.38-42

Keywords:

PKM, pemberdayaan, kelompok usaha keripik mangrove, Kelurahan Tambakrejo Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Abstract

Mangrove berfungsi sangat strategis dalam menciptakan ekosistem pantai yang layak untuk kehidupan organisme air dan darat. Mangrove memiliki fungsi fisik dan biologis, dan nilai ekonomi yang sangat tinggi. Fungsi fisik mangrove adalah untuk menahan abrasi pesisir, menjaga garis pantai dan limbah filter. Fungsi ekologi mangrove adalah sebagai ikan, kepiting dan bertelur terestrial. Sementara itu, mangrove ekonomi memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Jenis mangrove jeruju, daunnya dapat digunakan sebagai bahan baku untuk keripik. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dusun Sendangbiru dalam meningkatkan: (1) produksi keripik mangrove (2) Kemasan dengan desain berlabel stiker (3) memperluas pemasaran dan (4) pengelolaan keuangan hasil bisnis. Pengabdian ini berlangsung di rumah mitra, Jl. Lintas Kalipal RT 30, desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Metode yang ditawarkan dalam program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah: (1) sosialisasi, pelatihan, dan bantuan dalam meningkatkan produksi keripik mangrove dengan peralatan produksi yang sesuai. (2) pelatihan dan bantuan dalam pembuatan kemasan chip mangrove dengan stiker label dan desain segel elektrik sehingga Kemasan lebih menarik dan tidak rentan terhadap kebocoran (3) Bantuan pelatihan dan pemasaran melalui media online, (4) pelatihan dan manajemen keuangan untuk hasil bisnis. Sebagai hasil dari program kemitraan masyarakat, mitra dapat: (1) meningkatkan jumlah produksi chip mangrove dengan baik, (2) membuat kemasan chip mangrove dengan desain label stiker dan kemasan menggunakan siller listrik, (3) Perluasan jaringan pemasaran melalui media online, dan mengelola hasil keuangan operasi dengan baik.

References

Dahuri, R. 2013. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir Dan Lautan Secara Terpadu. Balai Pustaka. Jakarta.

Herwanti. Febryano. 2017. Analisis Finansial Produk Olahan Jeruju (Acanthus Ilicifolius) Di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur.(onlie) http://repository. lppm.unila.ac.id/4181/1/Herwanti%20dan%20Febryano%202017.pdf

Irawanto R, Ariyanti EE, Hendrian R. 2015. Jeruju (Acanthus ilicifolius): Biji, perkecambahan dan potensinya Seaholly (Acanthus ilicifolius): Seed, germination and uses. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon 1(5): 1011-1018. Bandung.

Ganesh S, Vennila JJ. 2011. Phitochemical analysis of Acanthus ilicifolius and Avicennia officinalis by GC - MS. Research Journal of Phitochemsitry 5(1):60 - 65.

Sarno, Marisa H, Sa’Diah S. 2013. Beberapa jenis mangrove tumbuhan obat tradisional di Taman Nasional Sembilang, Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Sains 16 (3): 92-98.

Saptiani G, Prayitno SB, Anggoro S. 2013. Potensi anti bakteri ekstrak daun jeruju (Acanthus ilicifolius) terhadap Vibrio harveyi secara in vitro. Jurnal Kedokteran Hewan 7 (1): 17-20.

Downloads

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles