PELATIHAN GOOGLE SUITE TERHADAP DEWAN PAROKI KLATEN DAN PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGINYA

Authors

  • Lukas Chrisantyo Universitas Kristen Duta Wacana
  • Yuan Lukito Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25 Yogyakarta
  • Antonius Rachmat Chrismanto Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25 Yogyakarta

:

https://doi.org/10.9744/share.6.1.1-6

Keywords:

Google Suite, training, technology acceptance

Abstract

Mempersiapkan daya saing masyarakat dalam industri era 4,0 dari generasi imigran digital memiliki tantangan tersendiri. Dewan Paroki Santa Maria Assumpta Klaten adalah contoh dari sebuah komunitas yang sebagian besar diisi oleh orang yang lahir sebelum generasi Milenium, atau sebelum 1980. Tugas kerja dan pelayanan dewan paroki sendiri memerlukan banyak bantuan teknologi dalam mempersiapkan, mengelola dan melaporkan program pastoral. Google Suite dipilih sebagai teknologi yang diharapkan dapat membantu pekerjaan dewan paroki. Pelatihan Google Suite disediakan dalam empat sesi, masing-masing berfokus pada pembuatan akun, penyimpanan data dan manajemen file, kolaborasi pengeditan file, koordinasi acara bersama, dan pembuatan formulir online. Pada akhir pelatihan, kuesioner dikerahkan untuk mengukur tingkat penerimaan teknologi. Dari perhitungan yang dibuat, disimpulkan bahwa Dewan Paroki Santa Maria Assumpta Klaten memiliki niat baik untuk belajar Google suite dan menganggap bahwa aplikasi ini bermanfaat untuk kegiatan pelayanan gerejawi mereka.

Preparing competitiveness in the Industry 4.0 era towards the people from digital immigrant generation has its own challenges. The Parish Council of Santa Maria Assumpta Klaten is an example of a community that is mostly filled by people born before the millennial generation, or before 1980. The work and service assignments of the Parish Council itself require a lot of technological assistance in preparing, managing and reporting pastoral programs. Google Suite was chosen as a technology that is expected to help the work of the Parish Council. Google Suite training is provided in four sessions, each of which focuses on account creation, cloud storage and file management, file editing collaboration, coordination of shared events, and online form creation. At the end of the training, a questionnaire was deployed to measure the level of acceptance of the technology. From the calculations made, it was concluded that the Parish Council of Santa Maria Assumpta Klaten had good intentions to study Google Suite and considered that this application was beneficial for their ecclesiastical service activities.

Author Biographies

Lukas Chrisantyo, Universitas Kristen Duta Wacana

Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi

Yuan Lukito, Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25 Yogyakarta

Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi

Antonius Rachmat Chrismanto, Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25 Yogyakarta

Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi

References

Biggs, S. 2007. Thinking about generations: Concep¬tual positions and policy implications. Journal of Social Issues, 695-711.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 319-340.

Setiawan, D. A. 2018. Analisis Penerimaan (Accep¬tance) Android dan iOS dengan Teknologi Accep¬tance Model pada Dosen UKDW Yogyakarta. Yogyakarta: Perpustakaan UKDW.

Widiatmoko, P., Chrisantyo, L., & Dewi, C. N. 2017. DWCU Faculty Membes' Acceptance Toward Learning Management System.

Yuadi, I. 2009. Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Perpustakaan Digital dengan Structural Equation Modelling. Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan UNAIR

Downloads

Published

2020-03-24

How to Cite

Chrisantyo, L., Lukito, Y., & Chrismanto, A. R. (2020). PELATIHAN GOOGLE SUITE TERHADAP DEWAN PAROKI KLATEN DAN PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGINYA. Share: Journal of Service Learning, 6(1), 1-6. https://doi.org/10.9744/share.6.1.1-6