PENGGUNAAN MEDIA ONLINE UNTUK BISNIS ONLINE PEMULA PADA PENDERITA HIV

Authors

  • Romauli Nainggolan Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra, Surabaya
  • Hanna Tabita Hasianna Silitonga Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya
  • Etha Rambung Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.6.1.23-27

Keywords:

Bisnis Online, Ibu Rumah Tangga, Media Sosial, Penciptaan Bisnis

Abstract

Penelitian ini meneliti dampak pelatihan pada penciptaan bisnis online untuk pemula dengan peserta yang berasal dari ibu rumah tangga yang terpajan HIV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 5 ibu rumah tangga. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur langsung dengan metode pre-test dan post-test sesudahnya. Semua informan tidak pernah melakukan bisnis menggunakan media online atau mengetahui cara berbisnis menggunakan media online. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan pengetahuan dan keterampilan 50% menggunakan media situs web Facebook. (2) Ada peningkatan dan keterampilan 83% menggunakan media sosial WhatsApp. (3) Aspek komparatif dari pemasaran dan penjualan produk menggunakan media sosial WhatsApp memiliki hasil yang lebih tinggi daripada media situs web Facebook. Ini karena waktu yang terbatas untuk menguasai semua fitur di media online.

This research examines the impact of training on online business creation for beginners with the participants coming from HIV-exposed housewives. The method used in this research is the qualitative research method. Informants in this research are 5 housewives. The data was collected using direct structured interviews technique with pre-test and post-test methods afterwards. All informants have never done business using online media nor knowing how to do business using online media. The results showed (1) an increase in knowledge and skills of 50% using the Facebook website media. (2) There was an increase and skills of 83% using WhatsApp social media. (3) Comparative aspects of marketing and product sales using WhatsApp social media have higher results than the Facebook website media. This is due to limited time to master all the features in online media.

 

 

Author Biographies

Romauli Nainggolan, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra, Surabaya

Universitas Ciputra, Surabaya, UC Town, CitraLand, Surabaya 60219

Hanna Tabita Hasianna Silitonga, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya

Universitas Ciputra, Surabaya, UC Town, CitraLandSurabaya 60219

Etha Rambung, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya

Universitas Ciputra, Surabaya, UC Town, CitraLandSurabaya 60219

References

Firman, A. (2017). Faktor Faktor yang memotivasi wanita wirausaha Bisnis Online. STIE Nobel Indonesia Makassar, 271–282.

Francesca, M. C., Paola, D., & Paola, P. (2017). Women in business and social media: Implications for female entrepreneurship in emerging countries. African Journal of Business Management, 11(14), 316–326.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Umkm Internet. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1).

Kesehatan, D. (2018). Laporan HIV AIDS Tahun 2017. Indonesia.

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). E.K.B.J.I.Indonesia Indeks.

Nabil Iblasi, W., Bader, D. M., & Ahmad Al-Qreini, S. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on SAMSUNG for Electrical Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research, 4(1), 14–28.

Rahayu, F. (2013). Penggunaan Media online untuk bisnis perempuan, 10(9), 32.

Downloads

Published

2020-03-24