PELATIHAN ANALISIS REGRESI UNTUK PENINGKATAN PENELITIAN GURU DI SMK INFORMATIKA SUMBER ILMU TULANGAN

Authors

  • Artanti Indrasetianingsih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Adi Buana Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234.
  • Elvira Mustikawati Putri Hermanto Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Adi Buana Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234.

:

https://doi.org/10.9744/share.6.2.110-114

Keywords:

Data pendidikan, analisis regresi

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh guru yang bertujuan meningkatkan kualitas pem­belajar­an. Proses analisis dalam penelitian ini membutuhkan metode statistik untuk memper­oleh deskripsi dan kesimpulan. Analisis regresi adalah salah satu metode statistik yang dapat digunakan untuk menginterpretasikan data pendidikan. Analisis regresi adalah metode yang digunakan untuk mempelajari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. SMK Infor­matika Sumber Ilmu adalah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kabupaten Tulang­an, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Kepala SMK Informatika Sumber Ilmu mengatakan bahwa wawasan guru tentang statistik masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini merupakan pelatihan, yaitu Pelatihan Analisis Regresi untuk Meningkatkan Penelitian Guru di SMK Informatika Sumber Ilmu. Pelatihan ini dilaksanakan dengan baik yang dihadiri oleh 15 guru termasuk Kepala SMK Informatika Sumber Ilmu

References

Afandi, M. 2014. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran di Seko-lah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 1 No. 1.

Draper, N.R. dan Smith, H. 1998. Applied Regression Analysis. Edisi ketiga. John Wiley & Sons, Inc., New York.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

Indrasetianingsih, A., & Hermanto, E. M. P. (2020). PELATIHAN ANALISIS REGRESI UNTUK PENINGKATAN PENELITIAN GURU DI SMK INFORMATIKA SUMBER ILMU TULANGAN. Share: Journal of Service Learning, 6(2), 110-114. https://doi.org/10.9744/share.6.2.110-114

Issue

Section

Articles