PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI DENGAN PEMBUATAN NAWALA UNTUK TENAGA PENDIDIKAN DI SIDOARJO
:
https://doi.org/10.9744/share.7.1.21-26Keywords:
pelatihan, komunikasi, penulisan, desain, nawalaAbstract
aktivitas di sekolah kepada publik internal maupun publik eksternal, tidak hanya secara lisan, melainkan secara tertulis. Karenanya, diperlukan sebuah ketrampilan komunikasi dalam upaya penyampaian informasi secara tertulis. Salah satu peningkatan ketrampilan komunikasi ditunjukkan melalui pembuatan Nawala sebagai salah satu media informasi yang diperlukan oleh sebuah institusi pendidikan. Dengan demikian, setiap sekolah dapat menyampaikan informasi yang diperlukan oleh khalayak. Pelatihan dan pendampingan ini diadakan bagi tenaga pendidik dari sekolah-sekolah di Kota Sidoarjo, Jawa Timur agar mereka terampil dalam membuat Nawala. Jumlah peserta pelatihan adalah 8 (delapan) orang.
Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi, yakni memahami nawala sebagai bagian dari public relations, berlatih menulis berita sederhana, kemudian dilanjutkan dengan berlatih membuat desain sederhana. Pelatihan ini dilakukan selama 10 kali, mulai dari membagikan materi perihal penulisan hingga membuat desain Nawala yang sederhana. Selanjutnya, penulis dan tim memberikan pendampingan dalam praktik pembuatan Nawala yang langsung dapat dipergunakan oleh setiap peserta. Pada akhir pelatihan dan pendampingan ini, peserta telah membuat Nawala karya sendiri. Hasil karya Nawala tersebut dicetak sehingga dapat dibagikan pada masing-masing publiknya sebagai media informasi bagi tiap institusi.
@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536859905 -1073732485 9 0 511 0;}@font-face {font-family:"Century Schoolbook"; panose-1:2 4 6 4 5 5 5 2 3 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:647 0 0 0 159 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:8.0pt; margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-hansi-font-family:Calibri;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).