PEMANFAATAN APLIKASI EDMODO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMP 57 SURABAYA

Authors

  • Iwan Putro Petra Christian University
  • Petrus Santoso Petra Christian University
  • Iman Subekti Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/share.7.1.27-31

Keywords:

Edmodo, pembelajaran daring, peningkatan kemampuan mangajar

Abstract

SMP Negeri 57 Surabaya merupakan sekolah dibawah naungan Pemerintah Kota Surabaya dan diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada 12 Januari 2017. SMP 57 berlokasi di Kelurahan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, didapatkan adanya permasalahan terkait TIK di sekolah ini yaitu laboratorium computer yang telah dimiliki belum dimanfaatakan secara maksimal.  Terdapat 3 cluster permasalahan yang dapat didentifikasi (1) SDM belum cukup memadai untuk mengelola sistem TIK yang ada, (2) Aktivitas berbasis komputer belum terwujud, (3) belum adanya server sebagai fasilitas pendukung laboratorium komputer. Usulan solusi telah disusun untuk menjawab kebutuhan TIK di SMPN 57 Surabaya, yaitu: (1) mengadakan pelatihan aplikasi Edmodo bagi guru (2) membantu guru menyusun aktivitas pembelajaran berbasis Edmodo, serta (3) menyediakan server untuk mendukung aktivitas pembelajaran berbasis komputer di SMPN 57 Surabaya. Hasil angket menunjukkan bahwa 58% peserta workshop sangat setuju bahwa pelatihan ini membantu mereka meningkatkan kemampuan pengelolaan aktivitas pembelajaran berbasis daring.

References

AL-SAID, K. M. 2015. Students' Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and Their Real Barriers towards Them. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 14, 167-180.

DHIKA, H., DESTIAWATI, F., SONNY, M. & JAYA, M. Comparison of Learning Management System Moodle, Edmodo and Jejak Bali. In: PERDANA, R., BARKE, H.-D., BACASMOT, J. B., RAMADHAN, H., SEPTIAWAN, T. Y. & SAPUTRA, B., eds. International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019), 2020 lampung, Indonesia. Atlantis Press, 90-94.

ENRIQUEZ, M. A. S. Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. De La Salle University Research Congress, 6-8 March 2014 2014 Manila, Phillipines. 1-6.

HOLLAND, C. & MUILENBURG, L. Supporting student collaboration: Edmodo in the classroom. In: KOEHLER, M. & MISHRA, P., eds. Proceedings of SITE 2011--Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 7 March 2021 2011 Nashville, Tennessee, USA. Association for the Advancement of Computing in Education (AACE), 3232-3236.

JATIM, B. 2018. Risma Resmikan SMPN 57 di Siwalankerto [Online]. Surabaya: Berita jatim. Available: http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/287294/risma_resmikan_smpn_57_di_siwalankerto.html [Accessed 25 Mei 2018].

KONGCHAN, C. How a non-digital-native teacher makes use of Edmodo. 5th Intenational Conference ICT for Language Learning., 2008 Florence, Italy.

SURYA.CO.ID. 2018. Ribuan Komputer Disiapkan Pemkot Surabaya untuk Pelaksanaan UNBK [Online]. Surabaya: Surya.co.id. Available: http://surabaya.tribunnews.com/2018/02/22/2-maret-2018-ribuan-komputer-disiapkan-pemkot-surabaya-untuk-pelaksanaan-unbk [Accessed 25 Mei 2018].

WAHYUNI, S., ERMAN, E., SUDIKAN, S. & JATMIKO, B. 2020. Edmodo-Based Interactive Teaching Materials as an Alternative Media for Science Learning to Improve Critical Thinking Skills of Junior High School Students.

WAHYUNI, S., SANJAYA, I. G. M., ERMAN, E. & JATMIKO, B. 2019. Edmodo-Based Blended Learning Model as an Alternative of Science Learning to Motivate and Improve Junior High School Students’ Scientific Critical Thinking Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14, 98-110.

WICAKSANA, E. J., ATMADJA, P., WIKANSO, W., PUTRI, L. N. & MUTHIA, G. A. 2020. Edmodo as a solution to enhance student learning interest in high school biodiversity during the COVID-19 pandemic. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13, 216-229.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Putro, I., Santoso, P., & Subekti, I. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI EDMODO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMP 57 SURABAYA. Share: Journal of Service Learning, 7(1), 27-31. https://doi.org/10.9744/share.7.1.27-31