LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA ONLINE PADA IBU-IBU KKPA (KOMITE KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK) DUSUN JODOG DESA GILANGHARJO PANDAK KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Fadjarini Sulistyowati STPMD "APMD"
  • Fransiska K. Agustina STPMD “APMD”

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.7.2.67-72

Keywords:

literacy, Mentoring, digital, Entrepreneurship, pemasaran online

Abstract

Internet users in Indonesia has been on the rise over the years. Unfortunately, this increase has not been accompanied with the increase of society’s knowledge in selecting and utilizing information. Therefore, digital literacy is deemed necessary especially for village inhabitants. Digital literacy in order to boost KKPA’s entrepreneurship is important to increase productive activities. Online entrepreneurship has a lot of benefits especially because it doesn’t need a lot of venture capital. This mentoring is done with two steps, first step is socialization. In the first step there are socialization and discussion about the housewives’ interests in doing entrepreneurship. Knowledge-sharing about businesses via online media is also being done. In the second step, there is introduction to various methods of online entrepreneurship and promotion. The results of this activity is that housewives acquire knowledge and creativity to utilize digital media for entrepreneurship.

 

Abstrak: Pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahunnya. Di sisi yang lain peningkatan pengguna internet tidak diikuti dengan peningkatan kemampuan masyarakat dalam memilih informasi dan memanfaatkannya. Untuk itu, kegiatan literasi digital perlu di­laku­­kan terutama bagi masyarakat pedesaan. Pendampingan literasi digital dalam meningkat­kan kemampuan wirausaha online bagi ibu-ibu KKPA penting dilakukan karena para ibu di pedesaan perlu untuk meningkatkan kemampuannya dalam usaha produktif. Wirausaha online memiliki banyak manfaat bagi mereka karena kegiatan ini tidak memerlukan modal besar dan dapat dilakukan dari rumah. Metode pendampingan dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama melakukan sosialisasi Pada tahap pertama dilakukan dengan sosialisasi dan diskusi tentang minat para ibu dalam melakukan wirausaha serta penyampaian pengetahuan berbisnis melalui media online. Tahap kedua pada tahap kedua mengenalkan berbagai metode wirausha online serta teknik promosi melalui media digital.  Hasil dari kegiatan ini, para ibu men­dapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk memanfaatkan media digital dalam berwirausaha.

References

Fika Nurul Ulya. (2019). Indonesia masih butuh 4 juta entrepreneur baru. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2019/09/05/133622826/indonesia-masih-butuh-4-juta-entrepreneur-baru

Intanny, V. A. (2017). E Commerce sebagai Pendorong Literasi Digital bagi UMKM di DIY.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. INFORMASI Kajian Ilmu Komuni-kasi, 47(2), 18.

Nainggolan, R., Silitonga, H. T. H., & Rambung, E. (2020). Penggunaan Media Online Untuk Bisnis Online Pemula Pada Penderita HIV. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 6(1), 23–27. https://doi.org/10.9744/share.6.1.23-27

Nasrullah, R. dkk. (2017). Materi Pendukung Sains Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Prasanti, D. (2017). Etika komunikasi dalam media sosial bagi ibu-ibu PKK di Desa Mekar Mukti Kab. Bandung Barat. 10(1), 21–34.

Priyowidodo, G., & Sari, Y. D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Edutainment Untuk Re-Aksesbilitas Informasi Berbasis Teknomedia Pada Organisasi Perempuan Gereja di GKJW Jambangan Surabaya dan Waru Sidoarjo. SHARE" SHaring-Action-REflection", 4(2), 62–70. https://doi.org/10.9744/ share.4.2.62-70

Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91. https://doi.org/10.31445/jskm.2020. 2486

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tan-tangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Gunahumas, 1(1), 72–87. https://ejournal.upi. edu/index.php/gunahumas/article/view/28380

Setyowati, Y. (2021). Literasi Media Digital untuk Pendampingan Anak bagi Ibu-Ibu Dusun Jodog Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Journal of Community Development & Empowerment, 1(2), 59–69. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v1i2.8

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles