PRODUKSI HERBAL SERBUK DI KELURAHAN KEPUTIH SURABAYA MENUJU KAMPUNG CERDAS KESEHATAN

Authors

  • Afifah Rosyidah Departemen Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Irmina Kris Murwani Departemen Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Syafsir Akhlus Departemen Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Rizal Sultan Madani Departemen Studi Pembangunan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.8.1.26-32

Keywords:

Herbal serbuk, Kesehatan, Daya Tahan Tubuh, Kelurahan Keputih

Abstract

Covid-19 sebagai virus mematikan telah mengakibatkan banyak korban. Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus ini tidak sedikit jumlahnya. Tiada henti dilakukan upaya terus-menerus untuk menangkal virus tersebut. Penyebaran virus ini dapat dihentikan dan ditangkal dengan cara memperkuat dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Bukan hanya untuk virus Covid-19, sistem kekebalan tubuh yang meningkat juga mampu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit lainnya. Mengkonsumsi minuman herbal merupakan salah satu cara untuk memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh. Bahan-bahan minuman herbal seperti: jahe merah, kunyit, jahe emprit dan temulawak telah terbukti mempunyai kemampuan untuk memperkuat dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Bahan-bahan herbal tersebut sangat mudah diperoleh sebagai bagian dari bumbu dapur dan dapat ditanam serta dibudidayakan dengan sangat mudah di pekarangan rumah. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Keputih Surabaya sebagai upaya untuk menghambat pertumbuhan dan mengatasi laju penyebaran virus berbahaya sekaligus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan membangkitkan usaha-usaha kalangan rumah tangga. Teknologi pencegahan penyebaran virus yang dimaksud adalah dengan penularan ilmu, bimbingan teknologi dan terus menerus melakukan monitoring serta pendampingan dalam pembuatan minuman herbal serbuk siap seduh. Kegiataan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan kepada seluruh masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap kesehatan: ibu-ibu penggerak PKK dan dasawisma, remaja karang taruna dan bahkan bapak-bapak yang siaga terhadap kesehatan. Mereka diberikan pemahaman arti penting menjaga kesehatan serta upaya meningkatkan imunitas tubuh di saat pandemi seperti saat ini. Selain itu, masyarakat Kelurahan Keputih juga dibina cara membuat minuman herbal serbuk siap seduh, menyimpan dengan baik serta higienis dan diupayakan untuk produksi dalam skala yang lebih luas. Sehingga peningkatan imunitas kesehatan tercapai dan peningkatan penghasilan juga akan diperoleh.

References

Alparslan & Ozkarman, (2012). Effect of Ginger on Chemotherapy-Induced Nausea and/or Vomiting in Cancer Patients. Journal of the Australian Traditional-Medicine Society.

BPOM RI. (2005). Cara Pembuatan Obat yang Baik. Badan Pengawas Obat dan Makanan, 53, 1689–1699.

Depkes RI. 2007. Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI. Jakarta.

Dyaningrum, E.F., R.A. Lutfiyah, R.A., D.R. Diasti D.R., J.N.W Karyadi J.N.W., & A.D. Saputro A.D. 2019. Physical Characteristics of Instanised Cocoa Drink Sweetened with Palm Sap Sugar: A Preliminary Study. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 355.

Kemenkes. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. Kemenkes.

Merina, S.W., (2019). Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 25(4). 210-215.

Mulyani, H., & Widyastuti, S.H., (2016). Tumbuhan Herbal Sebagai Jamu Pengobatan Tradisional Terhadap Penyakit dalam Serat Primbon Jawi Jilid 1. Penelitian Humaniora, 2, 73–91.

Ortuño-Sahagún, D., K. Zänker, A. K. S. Rawat, S. V. Kaveri, & P. Hegde (2017) Natural Immunomodulators. Journal of Immunology Research Volume 2017, Article ID 7529408.

PERMENKES RI No. 17 Tahun 2017 Tentang Rencana Aksi Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Razi, F., Yulianty V., Amani, S. A., & Fauzia J. H. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami; Depok.

Ryoiti K. R. (2020). Nutritional Implications of Ginger: Chemistry, Biological Activities and Signalingpathways, Journal of Nutritional Biochemistry. 86, 108486.

Singhai, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediartics, 87(4):281-286.

Tian H., Rendong, Q., & Tao, L. (2020). Potential Mechanisms of Chinese Herbal Medicine That Implicated in The Treatment of COVID-19 Related Renal Injury, Saudi Pharmaceutical Journal, 28 (2020) 1138–1148.

Tien, R., Muchtadi, Sugiyono, & Fitriyono, A., (2010). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Alfabeta CV. Bogor.

Downloads

Published

2022-05-18