IMPLEMENTASI ISAK 35 UNTUK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEKOLAH BAGI ANGGOTA HIMPAUDI MUSTIKAJAYA

Authors

  • Dade Nurdiniah Universitas Bina Insani
  • Iren Meita Universitas Bina Insani
  • Chita Oktapriana Universitas Bina Insani

:

https://doi.org/10.9744/share.8.2.137-142

Keywords:

Laporan Keuangan, Nirlaba, ISAK 35, HIMPAUDI

Abstract

HIMPAUDI perlu memiliki pengetahuan tentang penyusunan laporan keuangan. Mengingat latar belakang peserta yang bukan berasal dari akuntansi, tentu saja memiliki keterbatasan pengetahuan terkait dengan penyusunan laporan keuangan sekolah yang berbasis ISAK 35. Tujuan utama kegiatan PkM ini adalah memberikan pelatihan dan pemahaman implementasi ISAK 35 dalam penyusunan laporan keuangan sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan metode service learning yang terbagi dalam tiga kali pelaksanaan dengan durasi tiga minggu. Pelaksanaan kegiaatan yang terjadi dalam kondisi pandemi COVID-19 memiliki beberapa keterbatasan namun tetap dapat diberlakukan secara tatap muka dalam beberapa kesempatan. Pertemuan tatap muka dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pemberlakuan batasan PPKM wilayah. Selama pelaksanaan pelatihan diberikan serangkaian pre test dan post test untuk mengevaluasi tingkat pemahaman peserta. Terdapat peningkatan pemahaman rata-rata peserta setelah mengikuti pelatihan sebesar 59% untuk penerapan ISAK 35 pada laporan keuangan. Dari serangkaian penugasan peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok kerja yang diberikan didapati hasil 80% peserta berhasil menyusun laporan keuangan berbasis ISAK 35 dengan benar. Selain itu, untuk mengukur tingkat kepuasan peserta dalam pelatihan, maka disebarkan pula kuisioner kepuasan. Dengan jumlah 45 peserta, terlihat dari hasil isian kuisioner kepuasan mitra didapati 68% peserta merasa sangat puas dengan kegiatan yang diikuti ini.

References

Abidin, J., & Rahma, A. (2020). Sosialisasi Penerapan ISAK 35 dalam Penyajian Laporan Keuangan kepada Pengurus Masjid ALAULIA, Pekalongan. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 3(2). http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/76

Indrawan, I. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(01), 46–54.

Kumajas, L. (2018). PkM Pengelolaan Keuangan di Kelurahan Walian I Tomohon. Daya Sains: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jds/article/view/1111

Nopaliasari. (2021). Peran HIMPAUDI dalam Pengembangan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15657/

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah (PP) No. 32 Tahun 2013. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013

Rinandiyana, L. R., Kusnandar, D. L., & Rosyadi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (SIAPIK) untuk Meningkatkan Administrasi Keuangan UMKM. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/qh.v6i1.2042

Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 563–573.

Sasanti, E. E., Animah, A., & Suryantara, A. B. (2020). Pelatihan Pengelolaan Keuangan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Abdimas Independen, 1(2). https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/independen/issue/view/2

Setiadi, S. (2021). Implementasi ISAK 35 (Nirlaba) pada Organisasi Non Laba (Masjid, Sekolah, Kursus). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(2), 55–65. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jbau/article/view/701

Tedjawati, J. (2016). Peran HIMPAUDI dalam Pengembangan PAUD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1). https://jurnaldikbud. kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/12

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Nurdiniah, D., Meita, I., & Oktapriana, C. (2022). IMPLEMENTASI ISAK 35 UNTUK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEKOLAH BAGI ANGGOTA HIMPAUDI MUSTIKAJAYA. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 137-142. https://doi.org/10.9744/share.8.2.137-142

Issue

Section

Articles