IMPLEMENTASI ISAK 35 UNTUK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEKOLAH BAGI ANGGOTA HIMPAUDI MUSTIKAJAYA
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.137-142Keywords:
Laporan Keuangan, Nirlaba, ISAK 35, HIMPAUDIAbstract
HIMPAUDI perlu memiliki pengetahuan tentang penyusunan laporan keuangan. Mengingat latar belakang peserta yang bukan berasal dari akuntansi, tentu saja memiliki keterbatasan pengetahuan terkait dengan penyusunan laporan keuangan sekolah yang berbasis ISAK 35. Tujuan utama kegiatan PkM ini adalah memberikan pelatihan dan pemahaman implementasi ISAK 35 dalam penyusunan laporan keuangan sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan metode service learning yang terbagi dalam tiga kali pelaksanaan dengan durasi tiga minggu. Pelaksanaan kegiaatan yang terjadi dalam kondisi pandemi COVID-19 memiliki beberapa keterbatasan namun tetap dapat diberlakukan secara tatap muka dalam beberapa kesempatan. Pertemuan tatap muka dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pemberlakuan batasan PPKM wilayah. Selama pelaksanaan pelatihan diberikan serangkaian pre test dan post test untuk mengevaluasi tingkat pemahaman peserta. Terdapat peningkatan pemahaman rata-rata peserta setelah mengikuti pelatihan sebesar 59% untuk penerapan ISAK 35 pada laporan keuangan. Dari serangkaian penugasan peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok kerja yang diberikan didapati hasil 80% peserta berhasil menyusun laporan keuangan berbasis ISAK 35 dengan benar. Selain itu, untuk mengukur tingkat kepuasan peserta dalam pelatihan, maka disebarkan pula kuisioner kepuasan. Dengan jumlah 45 peserta, terlihat dari hasil isian kuisioner kepuasan mitra didapati 68% peserta merasa sangat puas dengan kegiatan yang diikuti ini.
References
Abidin, J., & Rahma, A. (2020). Sosialisasi Penerapan ISAK 35 dalam Penyajian Laporan Keuangan kepada Pengurus Masjid ALAULIA, Pekalongan. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 3(2). http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/76
Indrawan, I. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(01), 46–54.
Kumajas, L. (2018). PkM Pengelolaan Keuangan di Kelurahan Walian I Tomohon. Daya Sains: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jds/article/view/1111
Nopaliasari. (2021). Peran HIMPAUDI dalam Pengembangan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15657/
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah (PP) No. 32 Tahun 2013. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013
Rinandiyana, L. R., Kusnandar, D. L., & Rosyadi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (SIAPIK) untuk Meningkatkan Administrasi Keuangan UMKM. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/qh.v6i1.2042
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 563–573.
Sasanti, E. E., Animah, A., & Suryantara, A. B. (2020). Pelatihan Pengelolaan Keuangan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Abdimas Independen, 1(2). https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/independen/issue/view/2
Setiadi, S. (2021). Implementasi ISAK 35 (Nirlaba) pada Organisasi Non Laba (Masjid, Sekolah, Kursus). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(2), 55–65. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jbau/article/view/701
Tedjawati, J. (2016). Peran HIMPAUDI dalam Pengembangan PAUD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1). https://jurnaldikbud. kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/12
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).