PERANCANGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MEMBERDAYAKAN LSM LINGKUNGAN HIDUP
:
https://doi.org/10.9744/share.8.1.65-72Keywords:
LSM, Pemasaran Media Sosial, Instagram, Lingkungan HidupAbstract
Pada tahun 2000 tercatat ada 13.400 LSM yang bergerak pada bidang lingkungan hidup di Indonesia. Namun banyaknya LSM ini tidak diikuti dengan prestasi di bidang lingkungan hidup, kerusakan lingkungan hidup tetap terjadi, bahkan semakin luas. Beberapa keadaan tersebut membuat LSM lingkungan hidup mulai tidak diminati dan ditinggalkan. Hal ini dibuktikan oleh salah satu LSM lingkungan hidup bernama PEPULIH yang semakin hari semakin sulit menjaring anak-anak muda untuk terlibat dalam kepengurusan mereka. Minimnya prestasi dan kekeliruan proses atau cara ber-komunikasi menyebabkan PEPULIH sulit diterima oleh generasi muda. Maka dari itu pengabdian masyarakat ini ingin menjawab permasalahan komunikasi dari PEPULIH agar lebih dapat diterima oleh anak muda, dan terutama membentuk citra yang baik. Tim pengabdian masyarakat, memberikan jawaban dengan melakukan komunikasi melalui media sosial Instagram. Melalui media yang banyak digunakan anak muda saat ini, diharapkan PEPULIH dapat membangun citranya dengan baik sehingga dapat lebih diterima oleh anak muda. PEPULIH yang saat ini lebih ingin dilihat sebagai LSM Lingkungan Hidup yang memberikan edukasi bagi generasi muda untuk hidup ramah lingkungan. Harapannya generasi muda akan tertarik untuk turut serta dalam kepengurusan PEPULIH melalui kegiatan komunikasi dan edukasi di media sosial Instagram. Oleh karenanya diperlukan rancangan yang tepat, baik dari segi tema warna hingga jenis konten. Tema warna yang disarankan untuk LSM lingkungan hidup seperti PEPULIH adalah dominan warna hijau, yang didukung dengan penggunaan warna cokelat, biru, dan kuning. Pada kondisi tertentu penggunaan tema warna merah bisa dilakukan, dan dapat didukung dengan penggunaan warna kuning atau warna utama (hijau). Selain tema warna, perancangan juga mendesain jadwal unggah dan frekuensi unggah sedemikian rupa agar dapat menyasar generasi muda dan menarik bagi mereka.
References
Decker, K. (2016). The Fundamentals of Color Theory. Retrieved October 14, 2021, from https://99designs.com/blog/tips/the-7-step-guide-to-understanding-color-theory/
Elliot, A. J. (2015). Color and Psychological Functioning: A Review of Theoretical and Empirical Work. Frontiers in Psychology, 6(APR). https://doi.org/10.3389/FPSYG.2015.00368
eMarketing Institute. (2018). Social Media Marketing: Social Media Marketing Fundamentals. Denmark: eMarketing Institute
Hartanto, L. C., Pascarina, P. A., Adityaningrum, R. P. L., & Njotoharsojo, S. K. (2021). Pengelolaan Instagram Untuk Pemasaran UMKM Makanan di Surabaya (Studi Pada Pemasaran Instagram Kukikoe). Prosiding Konferensi Penyiaran Indonesia 2021, 116–121.
Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social Media Marketing: Emerging Concepts and Applications. https://books.google.co.id/books?id=qUtLDwAAQBAJ
Kurt, S., & Osueke, K. K. (2014). The Effects of Color on the Moods of College Students. SAGE Open, 4(1), 215824401452542. https://doi.org/10.1177/2158244014525423
Mchaney, R. W., & Sachs, D. (2016). Web 2.0 and Social Media Business in a Connected World. Bookbon
Pepulih. (2017). Tentang PEPULIH. Retrieved from http://pepulih.org/About Us.html
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial pada Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia
Rabiali, L. (2020). Otokritik LSM Lingkungan. Retrieved from detik.com website: https://news.detik.com/kolom/d-4908863/otokritik-lsm-lingkungan
Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? | Databoks. Retrieved September 9, 2021, from katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sodexo. (2020). 6 Tujuan Promosi Bagi Pebisnis - Sodexo Benefits and Rewards Indonesia. Retrieved September 18, 2021, from https://www.sodexo.co.id/tujuan-promosi-yang-wajib-dipahami-pebisnis/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).