PKM LITERASI PASAR MODAL BAGI MAHASISWA DI SURABAYA

Authors

  • Bambang Hadi Santoso Dwidjosumarno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya
  • Yayah Atmajawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya
  • Sasi Agustin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.8.1.96-100

Keywords:

Pasar Modal, Investasi, Produk Investasi

Abstract

Pasar modal dipakai sebagai alternatif bagi pemodal melakukan investasi selain melalui perbankan. Hal ini diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat yaitu bahwa melakukan investasi tidak semata-mata melalui lembaga perbankan dengan cara membuka deposito dan/atau menabung. PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) merupakan kegiatan dengan tujuan memberikan pengetahuan serta pemahaman awal pasar modal ke masyarakat semenjak usia muda, memberikan pengetahuan dan pem-bekalan dasar pasar modal ke masyarakat sejak muda serta memberikan pengetahuan praktis tentang investasi dan produk-produk investasi pasar modal kepada publik sejak usia muda, sehingga akan terjadi perubahan pola pikir dalam melakukan investasi yang selanjutnya dapat menambah jumlah pemodal pasar modal Indonesia, khususnya di Surabaya, dan di akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

References

Afifudin. (2011). Investor Melantai di Lantai Bursa. Harian Jawa Pos.

BI rate 21 September 2021. https://pusatdata.kontan.co.id. Diakses tanggal 7 Oktober 2021.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 44 – 56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297.

Elton, E. J., Brown, S. J., Gruber, M. J., & Goetzmann, W. N. (2014). Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. Willey.

Harianto, F., & Sudomo, S. (2001). Perangkat dan Teknik Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia. PT. Bursa Efek Jakarta.

Husnan, S. (2000). Manajemen Keuangan – Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang), Buku 1, Edisi 4. BPFE – Yogyakarta.

Muklis, F. (2016). Perkembangan dan Tantangan Pasar Modal Indonesia. Al Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan), 1 (1), 1 – 12.

Nisa. A. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara). Jurnal Penelitian, Teori dan Terapan Akuntansi (PETA), 2(2), 22 – 35.

Peristiwo, H. (2016). Analisis Minat Investor di Kota Serang terhadap Investasi Syariah pada Pasar Modal Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 37 – 52. https://doi.org/10.32678/ijei.v7i1.7.

Single Investor Identification 2021. money.compas.com. Diakses 8 Oktober 2021.

Downloads

Published

2022-05-18