KONSERVASI DAN REGENERASI CAMPURSARI UNTUK PENGEMBANGAN WISATA BUDAYA DESA BEGAGANLIMO, KEC. GONDANG, MOJOKERTO

Authors

  • Ribut Basuki Petra Christian University
  • Resmana Lim Petra Christian University
  • Christine Wonoseputro Petra Christian University
  • Sienny Thio Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.8.1.49-54

Keywords:

Wisata Budaya, Gamelan, Campursari, Tari, Revitalisasi, Regenerasi

Abstract

Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto ingin mengembangkan desa wisata. Permasalahan utama masyarakat, desa Begagan Limo yang memiliki banyak situs peninggalan kerajaan Majapahit ini memiliki aset berupa gamelan dan kelompok campursari yang tidak tergarap dengan baik. Masyarakat ingin meningkatkan Wisata Budaya ke situs-situs peninggalan Majapahit dengan mengembangkan seni gamelan / campursari. Namun jumlah seniman masih terbatas, keterampilannya masih perlu diasah dan dikemas-kinikan, dan ketrampilan mengelola wisata budaya pengelolaan masih perlu ditingkatkan. Solusi yang diusulkan, terutama yang dapat dilaksanakan di masa pandemi ini adalah pelatihan gamelan/campursari, penambahan alat musik gamelan, pelatihan pengelolaan obyek wisata budaya, dan pelatihan pembuatan situs daring.  Namun mereka perlu tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dan tempat itu adalah desa wisata Begagan Limo sendiri yang perlu ditingkatkan kondisinya. Kegiatan yang dilaksanakan adalah 1) Identifikasi kebutuhan pelatihan gamelan dan pelengkapan peralatan gamelan dengan metode observasi bersama para seniman, 2) Pelaksanaan pelatihan dan pelengkapan gamelan dengan metode workshop dengan mengundang pelatih/pakar gamelan, dan 3) Pelatihan dan regenerasi pemain gamelan dan tari. Saat ini gamelan sudah dilengkapi dan dilaras. Latihan sudah berjalan secara rutin dan regenerasi dengan mengajari anak-anak dan remaja sedang berjalan. Di bulan Desember 2020 dilakukan uji coba pertunjukan dalam skala kecil dengan harapan dapat mendukung wisata yang sudah mulai tumbuh di desa Begaganlimo.

Author Biography

Ribut Basuki, Petra Christian University

Sinta ID : 26856
Google Scholar ID: y1WL5H8AAAAJ

References

---, 2012. “Reinterpreting Ramayana: The (Re)Production of the Meaning of Power in Ramayana, an East Javanese Shadow Puppet Performance Text.” Jurnal K@ta. Surabaya: UK Petra.

Basuki, R. 2020. Penelitian Seni Pertunjukan: Membaca Seni dan Kekuasaan. Studi kasus: Wayang Kulit Jawa Timuran. Depok: Rajawali Press.

Cooper, C. 2000. Essensials of Tourism 2 nd Ed., Pearson Education Limited.

Dimyati, M. 2018. Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.

LPPM UK Petra. Ringkasan Laporan Pelaksanaan Community Outreach Program, International Service Learning Jatim 2017. Surabaya: UKP.

LPPM UK Petra. Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Kristen Petra 2017-2022. Surabaya: UK Petra.

Muhammad, A. 2009. Studi Tentang Tradisi Upacara Ruwat Desa di Desa Begagan Limo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Sutarto, A., & S. Y. Sudikan. 2004. Pendekatan Kebudayaan dalam Pembangunan Provinsi Jawa Timur. Jember: Kompyawisda.

Wawancara dengan perangkat dan masyarakat desa Begaganlimo, a.l. Kepala Desa Bapak Darto, Mbah Satu’i dan Kepala Dusun Bapak Samidi.

Downloads

Published

2022-05-18