PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL DENGAN KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN PRAKTIK SOAL ONLINE UNTUK GURU DI SMK KRIAN 1 SIDOARJO

Authors

  • Titik Lusiani Universitas Dinamika

:

https://doi.org/10.9744/share.8.2.216-222

Keywords:

Pelatihan, Penyusunan soal, Konsep Higher Order Thinking Skills, Soal Online

Abstract

Kegiatan evaluasi belajar merupakan rangkaian kegiatan proses belajar, dan dilakukan untuk melihat hasil proses belajar. Alat ukur dalam menilai evaluasi belajar kepada peserta pembelajaran dapat disebut dengan Soal. Soal dapat dipergunakan melihat tingkat kesulitan yang benar, dan efektif. Metode yang digunakan dalam menilai hasil belajar, khususnya kemampuan konitif siswa adalah test tertulis dan lisan. Tingkatan kemampuan berpikir, dimulai dari tingkat rendah Lower Order Thinking Skills (LOTS) dan tingkat tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS digambarkan dalam bentuk paramida, dengan tingkatan yang terdiri dari mengigat, memahami, menerapkan, menganalisi, mengevalasi hingga menciptakan. Pembuatan soal dengan konsep HOTS dilakukan agar soal memiliki nilai pemahaman mulai dari tingkatan mengingat sampai dengan menciptakan atau membuat. Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak sekolah, maka dilaksanakan kegiatan pelatihan penyusunan soal dengan konsep HOTS. Pada kegiatan disertai praktik soal Online untuk guru di SMK Krian 1 Sidoarjo. Dengan kegiatan pelatihan yang bertujuan memberikan pemahaman kepada guru dalam pembuatan soal, yang baik dengan konsep HOTS, diharapkan guru dapat membuat soal lebih baik, dan dapat membuat soal online yang interaktif.  Soal yang interaktif, sehingga siswa menjadi semangat dalam melakukan evaluasi dan hasil dari evaluasi dapat dilihat peserta ujian lebih mudah, beserta dengan review dari soal yang telah  dilakukan.  Kegiatan pelatihan  dilakukan  dengan  penuh  semangat  dan  setiap  peserta mengikuti dengan praktik membuat soal online.

References

Dawai (2019, Februari 21). Bentuk dan Syarat Penyusunan Soal untuk Peserta Didik. http://www.dawainews.com. Diakses pada tanggal 16 Juni 2021.

Diaryguru.com (2020, Mei 2020). Jenis dan Contoh Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). https://www.diaryguru.com/2020/05/jenis- dan-contoh-soal-hots-higher-order.html. Diakses pada 1 Juni 2021.

Nihwan, L. (2018, Maret 26). HOTS - Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel. Diakses pada 10 Agustus 2021.

Oktifa, N. (2021, Oktober 1). Cara Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-soal-hots. Diakses pada tanggal 1 Juni 2021.

Pengelola Web Direktorat SMP. (2021, Januari 2021), Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Soal HOTS. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/meningkatk an-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-soal-hots/. Diakses pada tanggal 1 Juni 2021.

Pengelola Web Direktorat SMP. (2021, 12 Oktober 2021). 5 Aplikasi Pembuat Kuis Daring untuk Pembelajaran. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/5-aplikasi-pembuat-kuis-daring-untuk-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 1 Januari 2021.

Putra-Astawa. (2020, Maret 2020). Tutorial Lengkap Membuat Kuis Online dengan Quizizz.com. https://www.gatraguru.net/2019/02/tutorial- lengkap-quizizz.html. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2021.

SMK Krian 1. (n.d.). Sejarah Singkat. http://smkkrian1.sch.id/sejarah-singkat

Sriatun. (2020). SKSP Seri Kumpulan Soal dan Pembahasan Matematika Dilengkapi dengan Soal HOTS. Jakarta: Deepublish.

Thabroni, G. (2022, 12 April 2022), HOTS (Higher Order Thinking Skill) - Pengertian, Karakteristik, dsb. https://serupa.id/hots-higher-order-thinking-skill-pengertian-karakteristik-dsb/. Diakses pada tanggal 1 Juni 2021.

Wirahadie.com. (2020, Maret 2020). Cara Membuat Soal Online dengan Quizizz.

https://wirahadie.com/cara-membuat-soal-online/. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2021.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Lusiani, T. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL DENGAN KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN PRAKTIK SOAL ONLINE UNTUK GURU DI SMK KRIAN 1 SIDOARJO. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 216-222. https://doi.org/10.9744/share.8.2.216-222

Issue

Section

Articles