PENINGKATAN KEMAMPUAN IDENTIFIKASI WARNA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DI DESA GENENG, NGAWI

Authors

  • Robik Anwar Dani Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Marcella Mariska Aryono Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Herdina Tyas Leylasari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/share.9.1.75-80

Abstract

Salah satu keterampilan kognitif yang butuh diasah oleh anak dengan kendala pertumbuhan intelektual merupakan keterampilan identifikasi warna. Keterampilan identifikasi warna ialah salah satu materi pra-akademik yang wajib dipahami oleh anak. Untuk anak kendala pertumbuhan intelektual memahami warna bisa menunjang anak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk pengenalan ataupun identifikasi uang, pakaian, dsb. Keterampilan memahami warna ialah keterampilan awal guna melatih visual anak. Bersumber pada perihal tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Dusun Karang Asem II, Desa Geneng dengan mitra seseorang ibunda serta anak yang mengalami kendala pertumbuhan intelektual ini bertujuan guna menolong mitra dalam hal ini adalah anak dengan kendala pertumbuhan intelektual guna meningkatkan keterampilan pre- akademiknya, khususnya dalam perihal identifikasi warna. Dengan demikian pemecahan yang ditawarkan untuk mitra adalah dengan membagikan ABA Therapy (Applied Behavior Analysis Therapy) dengan metode DTT (Discrete Trial Training) serta pula membagikan psikoedukasi keluarga sehingga pengetahuan orang tua hendak‘ keistimewaan’ anaknya bertambah. Hasil penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan keterampilan anak RNV dalam melakukan identifikasi warna( khususnya warna primer) mengalami kenaikan yang baik. Perihal ini bisa dilihat dari kenaikan skor keterampilan identifikasi warna anak RNV saat sebelum serta sesudah diberikan pendampingan menggunakan ABA Therapy (Applied Behavior Analysis Therapy) dengan metode DTT (Discrete Trial Training).

Author Biographies

Robik Anwar Dani, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

SINTA ID: 6648971, GS ID: GyBRWtMAAAAJ

Marcella Mariska Aryono, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

SINTA ID: 6648972, GS ID: CrCZ6LsAAAAJ

Herdina Tyas Leylasari, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

SINTA ID: 6654995, GS ID: Bin6ZWQAAAAJ

References

American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (4th edition text revision). United States of America: America Psychiatric Publishing.

Dani, R. A. (2016). Pengaruh Terapi Gerakan Tari dalam Menurunkan Hiperaktivitas Anak ADHD. Tesis. Universitas Katolik Soegijapranata.

Fadhli, A. (2010). Buku Pintar Kesehatan Anak. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Anggrek.

Handojo, Y. (2009). Autisme pada Anak: Menyiapkan Anak Autis untuk Mandiri dan Masuk Sekolah Reguler dengan Metode ABA Basic. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Kementerian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat dan Anak.

Khairani, H. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media pasir berwarna bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(1), 1-10.

Oktasesa, D., Damri., Sopandi, A. A. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal warna dasar bagi anak tunagrahita ringan x melalui permainan kolase di SLB Perwari Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 2(3), 598-608.

Rahayu, R. (2014). Meningkatkan kemampuan mengenal warna primer melalui permainan lego bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 3(1), 265 -275.

Sadock, B. J., & Sadock, V. A. (2007). Kaplan & Sadock’s Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychatry (10th edition). New York: Lippincott Williams & Wilkins.

Wenar, C, & Kerig, P. (2006). Developmental Psychopathology from Infancy through Adolescence (5th edition). New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Dani, R. A., Aryono, M. M., & Leylasari, H. T. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN IDENTIFIKASI WARNA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DI DESA GENENG, NGAWI. Share: Journal of Service Learning, 9(1), 75-80. https://doi.org/10.9744/share.9.1.75-80