IMPLEMENTASI SENI MURAL KREATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BAGI JEMAAT GKJW SUKUN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.186-195Keywords:
Implementasi, Senimural, GKJWAbstract
Mural digunakan sebagai objek Abdimas yang bertujuan sebagai penanda visual kualitas pelayanan dalam aktivitas bergereja di GKJW jemaat Sukun Malang. Jemaat di GKJW itu bertekad membangun kembali sarana dan prasarana yang digunakan untuk pelayanan, salah satunya TK Gracia dan SD Kristen Ngaglik, yang ‘terbengkalai’ selama bertahun-tahun. Prodi Desain Komunikasi Visual UK Petra diminta untuk mewujudkan hal tersebut dengan giat bersama warga jemaat melukis mural di TK dan SD itu. Aktivitas itu dilakukan dengan melukis tembok bangunan TK dan SD seluas 25 meter, melibatkan dosen, mahasiswa dan warga gereja. Implementasi seni mural yang menggerakkan warga gereja tersebut juga menjadi aktivitas warga GKJW jemaat Sukun dalam Bulan Kesaksian dan Pelayanan Gereja selama Mei sampai Juni 2022. Perancangan menggunakan cara kualitatif yakni metode pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dengan pengelola lembaga, dan FGD dengan panitia pembangunan/master plan. Mural dilukis pada tujuh spot tembok yang terdapat di dalam dan luar sekolah. Metode analisis data menggunakan 5W1H sehingga dibuatlah solusi abdimas berupa lukisan mural. Evaluasi pada mural di TK Gracia dan SDK YBPK Ngaglik Malang itu dilakukan menggunakan cara kualitatif kepada stakeholder dengan hasil yang mengindikasikan kepuasan yang sangat baik atas elaborasi karya tiga entitas (dosen-mahasiswa-warga gereja) dan juga pada kualitas karya mural itu sendiri.
References
Wahyudi, A. T., Natadjaja, L., Wicandra, O. B., & Waluyanto, H. D. (2017), Kajian Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Mural (Studi Kasus: Mural Dinding Sekolah TK YBPK Sekar Indah Malang). NIRMANA, 17(2), 87-95. DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.87-95
Dananjaya, U. (2012). Media Pembelajaran Aktif. Bandung dan Jakarta: Penerbit Nuansa dan Universitas Paramadina.
Dewi & Zaini. (2016). Analisis Visual Mural Karakter Mongki Karya Alfajr X-Go Wiratama. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4(2), 284-292.
Freedman, K., Heijnen, E., Kallio-Tavin, M., Karpati, A., & Papp, L.(2013). Visual Culture Learning Communities: How and What Students Come to Know inInformal Art Groups. Studies in Art Education. The Journal of Studies in Art Education, 54(2), 103-115, http://dx.doi.org/10.1080/00393541.2013.11518886
Hagijanto. (2017). Perayaan Parodi Visual Karakteristik Serdadu KNIL Andjing Nica. Desertasi Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia. Yogyakarta.
Irawan, P. (2018) Gereja Sudah Tidak Menarik Bagi Kaum Muda. http://bilanganresearch.com/gereja-sudahtidak-menarik-bagi-kaum-muda.html.
Lendriyono. (2017). Strategi Penguatan Organisasi Pelayanan Sosial Berbasis Keagamaan. Jurnal Sospol, 3(2), 66-80. DOI: https://doi.org/10.22219/sospol.v3i2.4885.
Nababan, R. S. (2019). Karya Mural Sebagai Medium Mengkritisi Perkembangan Jaman (Studi Kasus Seni Mural Karya Young Surakarta). Proceeding: International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS) 2019, 1-4. Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia. http://icadecs.um.ac.id/wpcontent/uploads/2019/05/Full-Paper_Ryan-SheehanNababan_ICADECS-19.pdf
Nugraha, M. I. M. (2015). Mural Sebagai Media Pendidikan Moral Islam Bagi Masyarakat di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uinsuka.ac.id/20340/1/11470036_BAB-I_IVatau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Wardani, W. G. W., Ranuhandoko, N., & Winarni, R. W. (2020). Mendesain Lukisan Mural di Taman Kanak-Kanak untuk Mendorong Semangat Kebersihan. Jurnal SENADA, 1(1), 24-35.
Yılmaza, M., Yilmaz, U., & Yilmaz, E. N. D. (2019). The Relation Between Social Learning and Visual Culture, International Electronic of Journal Elementary Education, 11(4), 421-427. DOI: 10.26822/iejee.2019450837
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).