PENDIDIKAN DIGITAL PARENTING BAGI GURU DAN ORANG TUA SISWA PAUD DI KOTA MATARAM

Authors

  • Muammar Qadafi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Yuga Anggana Universitas Islam Negeri Mataram

:

https://doi.org/10.9744/share.9.1.58-64

Keywords:

digital parenting, perangkat digital, orang tua, anak usia dini

Abstract

Literasi digital sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan guru dan orang tua saat ini karena anak-anak sebagian besar sudah sangat akrab dengan dunia digital. Apabila orang tua tidak mampu mengimbangi anak dalam mengelola perangkat digital, maka selamanya orang tua tidak akan mampu mengontrol apa yang dilakukan oleh anak di dunia maya dan permasalahan-permasalahan cepat atau lambat pasti akan menimpa anak tersebut seperti banyak kasus yang kita temukan saat ini. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengedukasi orang tua dan guru terkait dengan pengasuhan yang seharusnya dilakukan di era digital ditinjau dari segi ilmu pengasuhan, psikologi, dan teknologi. Pengabdian ini menggunaka pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan konsep pelatihan selama empat sesi yang diisi oleh para ahli dalam bidang pengasuhan, psikologi, dan teknologi. Hasil survei kepuasan peserta terhadap kegiatan pengabdian ini menunjukkan hasil yang sangat positif. Para peserta merasa kegiatan ini sangat sesuai dengan kebutuhan pengasuhan saat ini dan para narasumber merupakan para pakar yang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Oleh sebab itu, para peserta merasa sangat beruntung bisa mendapatkan materi yang sangat bagus ini, kemudian mereka berkomitmen untuk melanjutkan informasi yang didapatkan melalui pelaksanaan kegiatan parenting di sekolah masing-masing agar orang tua dan guru-guru yang lain juga mendapatkan informasi yang sama.

Author Biographies

Muammar Qadafi, Universitas Islam Negeri Mataram

SINTA ID: 6655139, GS ID: LDp2ezYAAAAJ

Yuga Anggana, Universitas Islam Negeri Mataram

SINTA ID: 6686230, GS ID: LyxQ0KMAAAAJ

References

Ariani, A. (2017). Effects of playing with gadgets on elementary school children in urban and rural environment. Proceedings of the Health Science International Conference (HSIC 2017), 2(Hsic), 22–27. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.5

Donoso, V., Olafsson, K., Broddason, T., Lobe, B., Alberto Simoes, J., Zaman, B., Hasebrink, U., Stetka, V., Haddon, L., Stald, G., Kalmus, V., Runnel, P., Siibak, A., Peter, J., Valkenburg, P. M., Fluckiger, C., McQuillan, H., D’Heanens, L., Tsatsou, P., … Staksrud, E. (2009). Kids Online: Opportunities and Risks for Children (S. Livingstone & L. Haddon (eds.); 1st ed.). The Policy Press University of Bristol.

Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orang Tua terhadap Anak dalam Berinternet (N. Kurnia (ed.); 1st ed.). Gadjah Mada University Press.

Lensoni, L., Lidiawati, M., Arham, N., Savitri, E., & Rahmawati. (2019). PKM sosialisasi dampak gadget, bahaya penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 227–233. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5857

Mappapoleonro, A. M., & Chairunnisa. (2018). The effect of gadget toward early childhood speaking ability. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 85–90.

Noviandari, H., Agus Mursidi, & Eko Listiwikono. (2021). The effect of gadgets on the development of youth in genteng banyuwangi. gandrung: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 301–313. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i2.1373

Nugraha, A., Izah, N., Nurul Hidayah, S., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). The effect of gadget on speech development of toddlers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012203

Rakhmawati, D., Ismah, & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi bahaya kecanduan gadget socialization the harmful effects of gadgets addiction. Journal of Community Services, 1(3), 159–164. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12926

Saruji, M. A. M., Hassan, N. H., & Drus, S. M. (2017). Impact of ICT and electronic gadget among young children in education: a conceptual model. Proceedings of the 6th International Conference on Computing & Informatics, 165, 480–486.

Shina, A. F. I., Sari, F. P., Hayati, B. N., Maisarah, W., Hardi, N. F., Jatmiko, A., Hilmi, M. R., Sa’diyah, H., Muslim, M. I., Pernamasari, D. E., & Rahman, T. (2021). Modul Indonesia Cakap Digital: Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Keislaman (A. Qibtiyah (ed.); 1st ed.). Penerbit Samudra Biru.

Staff, U. S. N. (2021). Top 10 Countries for Technological Expertise, Ranked by Perception. Usnews.Com. https://www.usnews.com/news/best-countries/slideshows/top-10-countries-for-technological-expertise-ranked-by-perception?slide=11

Suhaedi, H. S., & Masykur. (2019). Buku Saku Metodologi Participatory Action Research (PAR) (A. Humaeni & D. Ritonga (eds.); 1st ed.). Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkem-bangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? (N. Hamzah (ed.); 1st ed.). Edu Publisher.

Zain, Z. M., Jasmani, F. N. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and their impact on child development. Proceedings at The International Academic Symposium of Social Science, 82(1:6), 1–7. https://doi.org/10.3390/proceedings 2022082006

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Qadafi, M., & Sosani, Y. A. (2023). PENDIDIKAN DIGITAL PARENTING BAGI GURU DAN ORANG TUA SISWA PAUD DI KOTA MATARAM. Share: Journal of Service Learning, 9(1), 58-64. https://doi.org/10.9744/share.9.1.58-64