PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PJBL DAN PBL PADA GURU-GURU DI YAYASAN INSAN MANDIRI DENPASAR
:
https://doi.org/10.9744/share.9.1.1-6Keywords:
Problem based learning, project based learning, assessmentAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka mensyaratkan bahwa guru membelajarkan siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) merupakan dua contoh model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagian besar guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar Cabang Lombok sudah memahami kedua model pembelajaran tersebut. Namun, guru-guru masih ragu dalam menerapkan pada pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara perwakilan dosen FKIP Universitas Sanata Dharma pada tanggal 14 Januari 2022. Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa guru belum menggunakan pembelajaran yang bervariasi. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan penguatan pada guru-guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar Cabang Lombok dalam menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, khususnya problem based learning dan project based learning. Metode yang digunakan mencakup empat langkah, yaitu: 1) persiapan dan perencanaan, 2) penguatan implementasi metode PJBL dan atau PBL melalui zoom meeting, 3) kegiatan terbimbing, dan 4) sharing implementasi pembelajaran setelah menerapkan PjBL dan atau PBL. Kegiatan sharing pembelajaran dilakukan untuk berbagi tentang pengalaman guru dalam mengimplementasikan PjBL dana tau PBL. Kegiatan sharing pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan zoom meeting. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru-guru mulai berani menerapkan model pembelajaran problem based learning dan atau project based learning, dan melakukan asesmen. Di samping itu, guru-guru juga sudah memahami cara membuat masalah dan projek yang kontekstual.
References
Adi, N. S., Oka, D. N., & Wati, N. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43 - 48. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73 - 78. doi: https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73
Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Ke¬mampuan Menulis Siswa. Jurnal of Arabic Studies, 2(2), 186 - 196. doi: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012, Desember). Problem Based Leaning. Jurnal Satya Widya, 28(2), 167 - 173.
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021, Maret). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), pp. 97 - 109. doi: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56//M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 262/M/2022, Tentang Pemenuhan Beban Kerja dan Penataan Linieritas Guru Bersertifikat pada Kurikulum Merdeka
Maulana. (2020, Juni). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisikan Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 24(1), 37 - 48.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014, Februari). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Ber-pikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125 - 143.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6 (2), 149 - 160.
Prijowuntato, S. W., & Wardhani, A. N. (2021). Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 11(2), 33-44. doi: https://doi.org/10.24036/011121780
Shukri, S. B., & Yunus, M. M. (2021). Kesan Pandemik Covid-19 terhadap Pencapaian Tahapan Akademik Murid. JMS, 4(1), 313 - 343.
Simanjuntak, J., Sihombing, S., Purba, T. N., Hutauruk, A. J., & Panjaitan, S. (2021, Neu). Analisis Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Matematika pada masa Pandemic Covid-19 di Negara Asia (Indonesia, Jepang, dan Filipina). Journal of Mathematics Education and Applied, 02 (02), 47 - 55.
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Nur Rochim, F. A., Novrika, S., Iswoyo, S., . . . Mahardhika, R. L. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/ MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suginem. (2021). Penerapan Model Probelm Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Meta edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32 - 36. doi: 10.37058/metaedukasi.v3i1.3254
Zuniarti. (2021, September). Model Project Based Learning Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berwirausaha Siswa Saat PJJ. Jurnal Riset Daerah, XXI(3), 4033 - 4052.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).