WEBSITE BERBASIS KONSEP SENSE OF PLACE PASAR KREATIF KAWASAN PARIWISATA

Authors

  • Astrid Kusumowidagdo Universitas Ciputra Surabaya
  • Cicilia Larasati Rembulan Universitas Ciputra Surabaya
  • Melania Rahadiyanti Universitas Ciputra Surabaya
  • Dyah Kusuma Wardhani Universitas Ciputra Surabaya
  • Stevanus Christian Anggrianto Universitas Ciputra Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/share.9.1.39-49

Keywords:

sense of place, pasar kreatif, website, kawasan pariwisata

Abstract

Preservasi Sense of Place atau keunikan lokal pada pasar pariwisata dengan produk-produk kreatif penting dilakukan untuk pembangunan pariwisata Indonesia. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memotret keunikan lokal dari berbagai daerah dan menyajikannya secara modern dalam bentuk website. Harapannya, website ini dapat memudahkan calon turis untuk mengenal keindahan pariwisata Indonesia. Proses aktivitas dilakukan dalam dua tahap yaitu proses eksplorasi pasar kreatif dan proses desain website. Proses eksplorasi pasar kreatif dilakukan secara kualitatif pada lokasi-lokasi pasar di seluruh Indonesia dan proses desain website dilakukan dengan proses design thinking untuk menghasilkan website yang dapat optimal dipergunakan. Hasil dari perancangan website telah melalui uji coba terbatas dan mendapatkan nilai cukup baik. Proses pengabdian masyarakat melalui website berbasis konsep sense of place pasar kreatif kawasan pariwisata telah tuntas dikerjakan. Beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti yaitu eksplorasi pengembangan website dari segi fitur-fitur, misalnya penambahan lokasi-lokasi lain di Indonesia untuk melengkapi website ini. Selain itu perlu ada diversifikasi pengabdian dalam bentuk perancangan teknologi terkait obyek, seperti aplikasi yang dapat meningkatkan penjualan industri kreatif dan meningkatkan awareness pada pariwisata Indonesia. Selanjutnya, dapat dikembangkan fitur interaktif, berbasis virtual reality yang dapat menggambarkan kondisi asli sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman visual langsung, dan dapat pula dilengkapi dengan event yang aktual.

Author Biographies

Astrid Kusumowidagdo, Universitas Ciputra Surabaya

SCOPUS ID: 57192404810, SINTA ID: 258312, GS ID: uCTsC_wAAAAJ

Cicilia Larasati Rembulan, Universitas Ciputra Surabaya

SCOPUS ID: 57208687382, SINTA ID: 6735591, GS ID: OdysAaMAAAAJ

Melania Rahadiyanti, Universitas Ciputra Surabaya

SCOPUS ID: 57608559000, SINTA ID: 6004482, GS ID: ZAWy9VMAAAAJ

Dyah Kusuma Wardhani, Universitas Ciputra Surabaya

SCOPUS ID: 57194832321, SINTA ID: 6004415, GS ID: Liut8i0AAAAJ

References

Al-Ababneh, M. (2020). The concept of creativity: Definitions and theories. International Journal of Tourism & Hotel Business Management. 2(1), 245-249.

Amabile, T. M. & Pillemer, J. (2012). Perspectives on the social psychology of creativity. Journal of Creative Behavior, 46(1), 3-15.

Chung, N., Lee, H., Lee, S.J., Koo, C. (2015). The influence of tourism website on tourists’ behavior to determine destination selection: A case study of creative economy in Korea. Technological Forecasting and Scocial Change, 96, 130-143

Derisma, D. (2020). The Usability Analysis Online Learning Site for Supporting Computer Programming Course Using System Usability Scale (SUS) in a University.

Doolin, B., Burgess, L., & Cooper, J. (2002). Evaluating the use of the Web for tourism marketing: a case study from New Zealand. Tourism Management. 23(5), 557-561.

Kusumowidagdo, A., & Wardhani, D. K. (2018). Investigating a sense of place at a historic commercial street corridor: Visitor perception of social aspects. In Cities’ Identity Through Architecture and Arts (pp. 255-261). Routledge.

Kusumowidagdo, A., Wiradinata, T., Rahadiyanti, M., Wardhani, D. K., & Rembulan, C. L. (2022). Defining the sense of place components in the food and craft market at the world heritage site. Humaniora, 13(2), 111-118.

Rembulan, C. L., & Kusumowidagdo, A. (2022). When the sense of place value is challenged by pandemic: value exchange in indigenous community-based tourism in Sade-Lombok, Indonesia. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 16(6), 849-875

Setiawati, A., Rahim, A., & Kisbianty, D. (2018). Pengembangan dan pengujian aspek usability pada sistem informasi perpustakaan (Studi Kasus: STIKOM Dinamika Bangsa Jambi). Jurnal Processor, 13(1), 1173-1188.

Sujito, F., Arifudin, R., & Arini, F. Y. (2019). An analysis of user interface and user experience using System Usability Scale and GOMS method. Journal of Advances in Information Systems and Technology, 1(1), 65-73.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Kusumowidagdo, A., Rembulan, C. L., Rahadiyanti, M., Wardhani, D. K., & Anggrianto, S. C. (2023). WEBSITE BERBASIS KONSEP SENSE OF PLACE PASAR KREATIF KAWASAN PARIWISATA. Share: Journal of Service Learning, 9(1), 39-49. https://doi.org/10.9744/share.9.1.39-49