PENGAYAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS UNTUK PELAJAR USIA MUDA MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR)

Authors

  • Marina Marina Universitas Malikussaleh, Aceh Utara https://orcid.org/0000-0002-4811-1979
  • Rasyimah Rasyimah Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Dewi Kumala Sari Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

:

https://doi.org/10.9744/share.9.1.7-13

Keywords:

Pengayaan kosakata, metode TPR, pelajar usia muda

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Meuraksa yang terletak di Desa Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe Aceh. Tujuan program ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki oleh para pelajar dan menyediakan kesempatan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah mereka pelajari. Para pelajar ini belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai dikarenakan pihak sekolah belum memberikan pendidikan Bahasa Inggris secara formal. Hal ini mengakibatkan timbulnya permasalahan dimana penguasaan bahasa Inggris mereka belumlah mencapai tingkat yang cukup baik disebabkan penguasaan kosa kata yang masih rendah. Oleh karena itu sangatlah penting bagi mereka untuk mendapatkan pelatihan pengayaan kosa kata agar terjadi peningkatan penguasaan kosa kata. Sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi para pelajar ini, maka perlu diadakan pelatihan pengayaan kosa kata dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR). Metode TPR merupakan metode untuk pengajaran bahasa yang dalam penerapannya menggabungkan koordinasi perintah, ucapan dan gerak sehingga lebih mudah untuk menguasai suatu bahasa dalam pembelajarannya. Selain itu, kesempatan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah dipelajari juga diberikan dalam bentuk praktek pengucapan dan penulisan. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini meliputi (1) pengayaan kosa kata melalui metode TPR; (2) pelatihan pembalikan peran, dan (3) pelatihan urutan tindakan untuk mempraktekkan kosa kata yang sudah dipelajari. Dari kegiatan ini penguasaan kosa kata yang meningkat dapat membantu mereka dalam proses belajar di sekolah.

Author Biographies

Marina Marina, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

Rasyimah Rasyimah, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

SINTA ID: 6020970, GS ID: 76uy5QgAAAAJ

Dewi Kumala Sari, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

SCOPUS ID: 57209260787, SINTA ID: 6778561, GS ID: q8sJ2wUAAAAJ

Kurniawati Kurniawati, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

SINTA ID: 6664414, GS ID: 1FmnVvMAAAAJ

References

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode Total Physical Response (TPR) pada pengajaran bahasa inggris siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 2527–8312.

Dwiastuty, N., Anggoro;, D., & Anita, T. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Metode Total Physical Response (TPR). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 29–34.

Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Metode TPR (Total Physical Response) dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 “Re-orientasi Profesionalisme Pendidik dalam Meng-hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0,” 393–399.

Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited.

Idaryani. (2013). Integrated approach in teaching-learning English. SELT 2013 Proceeding, 121–128. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/selt/article/view/6778

Ikawati, Y. (2017). Children’s cognitive development and VAK learning styles: Teaching strategies for young learners. The 2nd TEYLIN International Conference Proceedings April 2017, 214–223.

Indrizal, E. (2014). Diskusi kelompok terarah Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan lapangan). Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 16(1), 75–82.

Izzah, Z. (2015). The Use of Word Chain Game to Improve Vocabulary Mastery of the Eight Grade Students at SMP N 3 Kalibagor. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Khairma, F. S., & Suryana, D. (2018). Implementation of TPR (Total Physical Response) method in learning English in Barunawati Kindergarten. Proceedings of the Padang International Conference on Educational Management And Administration (PICEMA 2018), 256–260.

Kurniawati, K., & Rizki, D. (2018). Native vs. non-native EFL teachers: Who are better? Studies in English Language and Education, 5(1), 137–147.

Marina, Kurniawati, & Rizki, D. (2021). Evaluating assessment policies and practices of International School of Paris (ISP). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 509–515.

Nuraeni, C. (2019). Using Total Physical Response (TPR) method on young learners English Language teaching. Metathesis. Metathesis: Journal of English Language and Teaching, 3(1), 26–34.

Putri, A. R. (2016). Teaching english for young learners using a Total Pnysical Response (TPR) Method. Edulingua, 3(2), 15–21.

Rahmadhani, A. P. (2015). Techniques in teaching vocabulary to young learners at LIA English Course. TELL-US Journal, 1(2), 1–8.

Rokhayani, A. (2017). Promoting Total Physical Response (TPR) for young learners in english class. The 2nd TEYLIN International Conference Proceedings April 2017, 75–80.

Siswanto, A. (2017). Teaching english to young leaners: a reflection from Englaoshi Community. The 2nd TEYLIN International Conference Proceedings April 2017, 31–34.

Sitompul, A. R. (2020). EFL young learners’ vocabulary learning strategies: An overview. RETAIN, 8(2), 31–40.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Marina, M., Rasyimah, R., Sari, D. K., & Kurniawati, K. (2023). PENGAYAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS UNTUK PELAJAR USIA MUDA MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR). Share: Journal of Service Learning, 9(1), 7-13. https://doi.org/10.9744/share.9.1.7-13