DAMPAK SERVICE LEARNING PEMURNIAN AIR PAYAU DENGAN PEMANFAATAN MATERIAL LOKAL YANG BERKELANJUTAN
:
https://doi.org/10.9744/share.9.1.14-23Keywords:
service learning, air payau, Sidoarjo, ALPAMALAbstract
Saat ini semakin banyak institusi pendidikan yang menyadari pentingnya kegiatan Service Learning (SL). Ini terbukti dari banyak Universitas yang melaksanakan kegiatan tersebut. Latar belakang kegiatan SL adalah masih banyak ketimpangan yang terjadi di masyarakat, baik masyarakat pedesaan terhadap perkotaan maupun antar masyarakat dalam kota itu sendiri. Oleh karena itu, kegiatan ini dilakukan di Dusun Tegalsari Jabon Sidoarjo yang mengalami krisis air bersih berupa air payau. Dimana sejak puluhan tahun yang lalu, masyarakat hingga saat ini masih belum dapat memenuhi kebutahan air bersih mereka, dikarenakan air yang dimanfaatkan adalah air payau yang mereka beli sekitar Rp. 150.000 – Rp. 250.000 per kepala keluarga setiap bulannya. Kegiatan ini merupakah lanjutan kegiatan dari 2 penelitian yang telah dilakukan sejak tahun tahun 2017 dengan tema banjir Rob dan pemurnian air payau dengan pemanfatan material lokal yang berkelanjutan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan air bersih. Metode yang digunakan diawali dengan survei dalam pra pelaksanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan pembuatan dan pemasangan alat pemurni air payau dengan material lokal (ALPAMAL), dan diakhiri dengan wawancara oleh Mahasiswa yang merupakan paska pelaksanaan. Hasil dari kegiatan ini berdampak langsung dan bermanfaat untuk mengubah air payau menjadi air bersih yang siap digunakan masyarakat. Hasil lain dari kegiatan ini adalah sebanyak hampir seluruh (93.5%) mahasiswa merasa terbantu dalam dunia perkuliahan mereka dan seluruh warga (100%) warga Desa Kupang merasa sangat puas dengan diadakannya kegiatan ini.
References
Apriani, R. S., & P, Wesen. (2010). Penurunan salinitas air payau dengan menggunakan resin penukar ion. Jurnal Teknik Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional.
Dewan Perwakilan Rakyat. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf. Diakses tanggal 1 Juni 2022.
Handoyo, L. D. (2020). Service-Learning: Model pembelajaran inovatif untuk mengembangkan karakter peserta didik. Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, 223.
Hermawan, S., Deborah, M. G. L., Apriandi, A., & Vincent, V. (2020). Kepedulian mahasiswa terhadap kesadaran anak-anak akan lingkungan sekitar melalui program lomba menghias tempat sampah di Kawasan Kelurahan Putat Jaya. Journal Community Serice Consortium, 1(1).
Hermawan, S., Purnomo, S., Sally, P., & Riesky, D. (2019). Menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan dimulai dari kecil. Share: Journal of Service Learning, 5(2), 33-37.
Hermawan, S., Setiawan, A., William, S., & Sumarno, K. (2018). Penerapan kebiasaan cuci tangan sejak dini untuk perubahan perilaku hidup sehat. Petra Community Service. 2(1), 48-56.
Hermawan, S. A., Haryadi, B., & Kushardjoko, W. (2013). Hubungan uji berkala kendaraan bermotor dengan kecelakaan lalu lintas di Kota Cirebon. Disertasi. Civil Engineering Master Program, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
International Pembelajaran Layanan. (2022). About Isl. Isionline: https://islonline.org/about/.Diakses tanggal 1 Juni 2022
Kambau, R. A., Kadir, N. A., Mutmainnah, Jamilah, & Rahman, A. (2016). Panduan Implementasi Service-Learning di UIN Alauddin Makassar. Makassar: Nur Khairunnisa. https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Panduan-SL.pdf. Diakses tanggal 1 Juni 2022
Kasi, K., Sumarmi, & Astina, I. K. (2017). Pengaruh model pembelajaran pembelajaran layanan terhadap. Jurnal Pendidikan, 438. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10733/5232. Diakses tanggal 1 Juni 2022
Pradana A. (2022). Alat Ciptaan Dosen UK Petra Sulap Air Payau Jadi Layak Minum - GenPI.co Jatim, GenPI.co. GenPI.co JATIM. Diakses tanggal 15 November 2022
Purwoto, S., & Nugroho, W. (2013). Removal klorida, TDS dan besi pada air payau melalui penukar ion dan filtrasi campuran zeolit aktif dengan karbon aktif. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 11(1), 47-59.
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Pembelajaran layanan: Mengintegrasikan tujuan akademik dan pendidikan karakter peserta didik melalui pengabdian kepada masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.
Study in the USA. (2022). Belajar, Pimpin, Melayani: Service - Learning di Amerika Serikat. https://www.studyusa.com/id/article/belajar-pimpin-melayani-service-learning-di-amerika-serikat. Diakses tanggal 13 November 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).