PENDAMPINGAN PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI DASAR MENGHADAPI PERSAINGAN UNTUK KEUNGGULAN BERSAING PT BANK KB BUKOPIN CABANG MADIUN
:
https://doi.org/10.9744/share.9.2.115-121Keywords:
strategi pemasaran, analisis PEST, marketing mix, keunggulan bersaingAbstract
PT Bank KB Bukopin merupakan industri perbankan yang menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit dengan tujuan untuk menjadi Bank yang tumbuh dan berkembang serta masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari segi aset. PT Bank KB Bukopin menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit yang berfokus pada empat pilar utama yaitu bisnis Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Bisnis Konsumer serta Bisnis Komersial. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa jumlah nasabah PT Bank KB Bukopin terus mengalami penurunan setiap tahunnya sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan pasar dan mendapatkan keunggulan bersaing. Analisis menggunakan strategi 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) menyatakan bahwa prioritas utama yang harus diperbaiki oleh PT Bank KB Bukobin Cabang Madiun adalah promotion. Kondisi ini terjadi karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun tergolong kurang maksimal jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang sejenis. Tahap identifikasi masalah internal menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang sedang dijalankan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun saat ini terbatas pada: (1) sosialisasi ke dinas, sekolah, dan perusahaan; (2) sosial media melalui Instagram; (3) brosur. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan rencana promosi, seperti: 1) Menggunakan influencer marketing, 2) Memasang baliho di pusat keramaian, 3) Mengikuti event marketing, 4) Sms-WA blast, 5) Kerjasama dengan merchant, 6) Sosial media, 7) Kerjasama dengan perusahaan/instansi sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
References
As’ad, A., Basalamah, M. S., Djamereng, A, (2020). Strate-gi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah na-sabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makas-sar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 78-31.
Hartanto, L. C., Pascarina, P. A., Swastika, G. L. D., Nir-wan, R. S, Kedaton, K. R. S. (2022). Peran¬cangan media sosial instagram untuk memberdayakan LSM Lingkungan Hidup. Jurnal of Service Learn-ing, 8(1), 65-72.
Ismanto, J. (2020). Manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. England: Pearson.
Nadya. (2016). Peran digital marketing dalam eksisten bisnis kuiner seblak jeletet murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(2), 133-144.
Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi media online sebagai solusi promosi pemasaran UMKM di Semarang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 01(1), 33-44
Stanton, J. W. (1989). Prinsip-prinsip pemasaran jilid I dan II edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Swasta, B. (2001). Azas-azas marketing. Yogyakarta: Liberty.
Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998.
Wardana, W. (2018). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
https://www.bps.go.id/indicator/13/937/1/jumlah-bank-dan-kantor-bank.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).