PENDAMPINGAN PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI DASAR MENGHADAPI PERSAINGAN UNTUK KEUNGGULAN BERSAING PT BANK KB BUKOPIN CABANG MADIUN

Authors

  • Wahyu Prabawati Putri Handayani Widya Mandala Surabaya Catholic University
  • Christina Esti Susanti Widya Mandala Surabaya Catholic University

:

https://doi.org/10.9744/share.9.2.115-121

Keywords:

strategi pemasaran, analisis PEST, marketing mix, keunggulan bersaing

Abstract

PT Bank KB Bukopin merupakan industri perbankan yang menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit dengan tujuan untuk menjadi Bank yang tumbuh dan berkembang serta masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari segi aset. PT Bank KB Bukopin menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit yang berfokus pada empat pilar utama yaitu bisnis Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Bisnis Konsumer serta Bisnis Komersial. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa jumlah nasabah PT Bank KB Bukopin terus mengalami penurunan setiap tahunnya sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan pasar dan mendapatkan keunggulan bersaing. Analisis menggunakan strategi 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) menyatakan bahwa prioritas utama yang harus diperbaiki oleh PT Bank KB Bukobin Cabang Madiun adalah promotion. Kondisi ini terjadi karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun tergolong kurang maksimal jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang sejenis. Tahap identifikasi masalah internal menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang sedang dijalankan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun saat ini terbatas pada: (1) sosialisasi ke dinas, sekolah, dan perusahaan; (2) sosial media melalui Instagram; (3) brosur. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan rencana promosi, seperti: 1) Menggunakan influencer marketing, 2) Memasang baliho di pusat keramaian, 3) Mengikuti event marketing, 4) Sms-WA blast, 5) Kerjasama dengan merchant, 6) Sosial media, 7) Kerjasama dengan perusahaan/instansi sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan ke­unggulan bersaing.

Author Biography

Christina Esti Susanti, Widya Mandala Surabaya Catholic University

SCOPUS ID: 56049211200, SINTA ID: 5982593, GS ID: Ynr8nPsAAAAJ

References

As’ad, A., Basalamah, M. S., Djamereng, A, (2020). Strate-gi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah na-sabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makas-sar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 78-31.

Hartanto, L. C., Pascarina, P. A., Swastika, G. L. D., Nir-wan, R. S, Kedaton, K. R. S. (2022). Peran¬cangan media sosial instagram untuk memberdayakan LSM Lingkungan Hidup. Jurnal of Service Learn-ing, 8(1), 65-72.

Ismanto, J. (2020). Manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. England: Pearson.

Nadya. (2016). Peran digital marketing dalam eksisten bisnis kuiner seblak jeletet murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(2), 133-144.

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi media online sebagai solusi promosi pemasaran UMKM di Semarang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 01(1), 33-44

Stanton, J. W. (1989). Prinsip-prinsip pemasaran jilid I dan II edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Swasta, B. (2001). Azas-azas marketing. Yogyakarta: Liberty.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998.

Wardana, W. (2018). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

https://www.bps.go.id/indicator/13/937/1/jumlah-bank-dan-kantor-bank.html

https://www.bukopin.co.id

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Handayani, W. P. P., & Susanti, C. E. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI DASAR MENGHADAPI PERSAINGAN UNTUK KEUNGGULAN BERSAING PT BANK KB BUKOPIN CABANG MADIUN. Share: Journal of Service Learning, 9(2), 115-121. https://doi.org/10.9744/share.9.2.115-121

Issue

Section

Articles