Membangun Entrepreneur Muda di Kalangan Siswa Melalui Pelatihan Ideasi dan Pitching
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.10.2.61-69Keywords:
kewirausahaan, keterampilan, ideasi, prototypingAbstract
Dalam menghadapi perubahan yang cepat di era teknologi yang semakin ketat, pengembangan keterampilan kewirausahaan menjadi suatu keharusan. Era digitalisasi membawa peluang baru dan tantangan kompleks dalam dunia bisnis dimana hal tersebut menuntut inovasi sebagai kunci untuk mengatasi masalah yang muncul. Oleh karena itu, keterampilan kewirausahaan menjadi semakin penting, bukan hanya sebagai tambahan, melainkan sebagai kebutuhan esensial bagi individu untuk berhasil beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Acara pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kewirausahaan siswa di Sekolah Citra Berkat Surabaya. Pelatihan ini membahas tentang proses ideasi dan prototyping yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan ide bisnis inovatif. Metode pelaksanaan acara mencakup sesi edukasi, diskusi kelompok dengan bimbingan mentor, serta presentasi ide bisnis kepada tim dosen sebagai calon investor. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya diberikan pemahaman teoritis tentang kewirausahaan, tetapi juga diberi kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata. Mereka diajak untuk merancang dan mengembangkan ide bisnis mereka sendiri, dengan dukungan dan bimbingan dari mentor yang berpengalaman. Proses presentasi ide bisnis kepada tim dosen sebagai calon investor menjadi kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan komunikasi mereka, serta menerima umpan balik yang konstruktif dari para profesional dalam bidangnya. Hasil positif ini menegaskan pentingnya pengembangan keterampilan kewirausahaan di tingkat pendidikan menengah sebagai bekal siswa menghadapi tantangan bisnis di masa depan.
References
Christanti, A. (2016). Studi peranan pelatihan kewirausahaan terhadap pembentukan sikap dan intensi kewirausahaan di sentra industri produk roti dan kue Rungkut Lor, Surabaya. AGORA, 4(1), 242-248.
Darmansyah, A., Zuraida, U., & Purwanto, Y. (2020). Pelatihan peningkatan kemampuan kewira-usahaan dan pembukuan dalam mendukung terbentuknya wirausaha baru di Kabupaten Indramayu. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 285-291.
Hartono, W., Yusup, A. K., Onodite, J., Listyatmadja, H. K., & Mangempis, Z. A. (2023). Pelaksanaan praktik critical thinking melalui permainan pada murid Sekolah Citra Berkat. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 5(2), 217–226.
Kamaruzaman, Rahman, A., Alfan Sidik, M., Firdaus, Sudanto, Lumintang, A., Jannah, W. V., & Bidari, D. A. (2022). Peningkatan minat bakat dan kemampuan berwirausaha komunitas pebisnis muda melalui pelatihan kewirausahaan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 978-986. doi:10.31849/dinamisia.v6i4.11030
Kusuma, I. L., Fitria, T. N. & Dewi, M. W. (2021). Pelatihan kewirausahaan sebagai peluang bisnis untuk generasi milenial di Soloraya selama masa pandemi covid-19. BUDIMAS, 3(2), 315-321.
Lestari, D. I., Yulianti, E., Adi, P. P., Mulyandini, V. C. & Putra, V. D. C. (2023). Pelatihan kewira-usahaan bagi anak usia sekolah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 61-70.
Lubis, T. W. H., Efendi, N. & Ginting, S. O. (2022). Kewirausahaan untuk generasi z pada siswa Methodist Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1536-1542. doi:10.31849/dinamisia.v6i6.11080
Maylinasari, L., Meisaputri, r., Fahmi, F. Z. & Firky, A. (2022). Analisis faktor penyebab eksternal dan internal kebangkrutan Eastman Kodak Company. Journal of Digital Business and Innovation Management, 1(1), 42-55.
Ningsih, E. F. (2023). Teori sosial kognitif tinjauan kritis teori pendidikan yang relevan bagi Indonesia. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(1), 21-26. doi:10.21831/hum.v23i1.29307
Rahmi, V. A., Ismanto, H. & Fathoni, M. Z. (2020). Inovatif saat pandemi covid melalui pelatihan kewirausahaan khas perempuan berbahan sampah “Kolaborasi Bumdes dan warga”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 418-425. doi:10.31849/dinamisia.v4i3.4632
Rahyono & Alansori, A. (2021). Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM dan masyarakat di Kelurahan Sukarame Bandar Lampung. Community Development Journal, 2(1), 100-104.
Rumawas, W. (2018). Pelatihan kewirausahaan wanita kaum ibu dan pemuda remaja putri jemaat Bukit Moria Malalayang. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(2), 52-58.
Sofiani & Febriany, K. (2023). Pengetahuan kewirausahaan di bidang pariwisata. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 7(2), 149-152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adi Kurniawan Yusup, Cherry Josephine, Kent Avila Limanto, Theresia Dinda Kusuma Dewi, Kimartha Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).