EDUKASI HIDUP HEMAT KEPADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT
:
https://doi.org/10.9744/share.7.1.38-45Abstract
Setiap pribadi mengharapkan untuk senantiasa mampu mencukupi kebutuhan anggota keluarganya dalam jangka panjang sampai akhir hidupnya. Namun godaan gaya hidup konsumtif seringkali menghambat kemampuan menabung yang dalam jangka panjang berdampak pada kemampuan menyediakan dana darurat, dana pensiun, ataupun kebutuhan lain yang diperlukan di masa depan. Terkait dengan hal tersebut diperlukan edukasi “Hidup Hemat” sejak dini kepada para siswa Taman Kanak-kanak, agar kesadaran membiasakan diri untuk hidup hemat telah tertanam sejak masa anak-anak. Kegiatan Pengabdian Masyarakat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terlibat dalam menumbuhkan kesadaran hidup hemat sejak dini kepada para siswa Taman Kanak-kanak. Tumbuhnya kesadaran hidup hemat akan menjamin kemampuan untuk menabung yang akan mampu mewujudkan kehidupan keuangan yang sejahtera dalam jangka panjang.References
Beaty, J. J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Ketujuh ed.). Jakarta: Kencana.
Boediono, L. (2019, September 11). Akses pada Pendidikan Anak Usia Dini yang Bermutu Penting untuk Pengembangan Modal Manusia yang Berkelanjutan. Dipetik September 12, 2019, dari World Bank: https://www.worldbank.org
Cermati.com. (2016, Januari 21). Ajarkan Anak Hidup Hemat, Lakukan Cara Jitu Ini. Dipetik Pebruari 19, 2019, dari Cermati.com: www.cermati.com
Dahana, R. P. (2015). Ekonomi Cukup. Jakarta: Kompas.
Fardana, N. A. (2017). Pengembangan Anak Usia Dini. In H. Indrijati, Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (pp. 160-164). Kencana: Jakarta.
Holloway, C. D. (2002). Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relation & Marketing Communications. (C. Wiratama, Trans.) Yogyakarta: Bentang.
Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Lewis, B. A. (2004). Character Building untuk Remaja. Batam: Karisma Publishing Group.
Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Widayat, I. W. (2017). Perkembangan Emosi Anak. In H. Indrijati, Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (pp. 226-236). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).