EDUKASI HIDUP HEMAT KEPADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

Authors

  • Nanik Linawati Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/share.7.1.38-45

Abstract

Setiap pribadi mengharapkan untuk senantiasa mampu mencukupi kebutuhan anggota keluarganya dalam jangka panjang sampai akhir hidupnya. Namun godaan gaya hidup konsumtif seringkali menghambat kemampuan menabung yang dalam jangka panjang berdampak pada kemampuan menyediakan dana darurat, dana pensiun, ataupun kebutuhan lain yang diperlukan di masa depan. Terkait dengan hal tersebut diperlukan edukasi “Hidup Hemat” sejak dini kepada para siswa Taman Kanak-kanak, agar kesadaran membiasakan diri untuk hidup hemat telah tertanam sejak masa anak-anak. Kegiatan Pengabdian Masyarakat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terlibat dalam menumbuhkan kesadaran hidup hemat sejak dini kepada para siswa Taman Kanak-kanak. Tumbuhnya kesadaran hidup hemat akan menjamin kemampuan untuk menabung yang akan mampu mewujudkan kehidupan keuangan yang sejahtera dalam jangka panjang.

References

Beaty, J. J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Ketujuh ed.). Jakarta: Kencana.

Boediono, L. (2019, September 11). Akses pada Pendidikan Anak Usia Dini yang Bermutu Penting untuk Pengembangan Modal Manusia yang Berkelanjutan. Dipetik September 12, 2019, dari World Bank: https://www.worldbank.org

Cermati.com. (2016, Januari 21). Ajarkan Anak Hidup Hemat, Lakukan Cara Jitu Ini. Dipetik Pebruari 19, 2019, dari Cermati.com: www.cermati.com

Dahana, R. P. (2015). Ekonomi Cukup. Jakarta: Kompas.

Fardana, N. A. (2017). Pengembangan Anak Usia Dini. In H. Indrijati, Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (pp. 160-164). Kencana: Jakarta.

Holloway, C. D. (2002). Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relation & Marketing Communications. (C. Wiratama, Trans.) Yogyakarta: Bentang.

Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lewis, B. A. (2004). Character Building untuk Remaja. Batam: Karisma Publishing Group.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Widayat, I. W. (2017). Perkembangan Emosi Anak. In H. Indrijati, Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (pp. 226-236). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Linawati, N. (2021). EDUKASI HIDUP HEMAT KEPADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT. Share: Journal of Service Learning, 7(1), 38-45. https://doi.org/10.9744/share.7.1.38-45