PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN SISTEM AKUNTANSI LEMBAGA PEMERINTAHAN DESA BAGI GURU SMK AKUNTANSI SIDOARJO
:
https://doi.org/10.9744/share.7.1.46-51Keywords:
Akuntansi desa, pelatihan guru, aplikasi keuangan desaAbstract
Pengelolaan keuangan desa membutuhkan ketrampilan dan kompetensi yang mumpuni dari para perangkat desa. Institusi pendidikan hadir sebagai mitra pemerintah dan sekolah, dalam hal ini SMK, untuk menjawab pemenuhan kebutuhan ketrampilan dan kompetensi tersebut. Sebagai upaya praktis kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maka dilakukan pelatihan bagi kelompok guru SMK Sidoarjo untuk mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi khususnya materi pengelolaan keuangan desa. Pelatihan ini sekaligus sebagai wadah untuk mempersiapkan para guru dalam mengimplementasikan pembelajaran akuntansi desa dalam kurikulum baru. Metode pelatihan diberikan dalam bentuk diskusi dan tutorial. Dalam diskusi, pengajar memberikan materi awal mengenai pengantar akuntansi untuk pemerintahan dan metode tutorial diberikan dalam bentuk uji coba software akuntansi desa (open source). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kemampuan guru memahami akuntansi sudah cukup memadai, namun demikian penguasaan software akuntansi desa masih perlu ditingkatkan untuk menunjang pembelajaran akuntansi desa yang akan diberikan kepada siswa dalam bentuk mata pelajaran praktikum akuntansi.References
Dewi, L., & Suhardini, A. D. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Paikem (Pelatihan Pada Guru MI Dan MTS Di Kabupaten Cianjur). Edutech, 13 (3), 409.
Effendi, Syahril (2020). Akuntansi Berbasis Akrual Pada Entitas Pemerintah Daerah. CV Batam
Publisher. Effendi, Syahril (2020). Akuntansi Berbasis Akrual Pada Entitas Pemerintah Daerah. CV Batam Publisher.
Foong, S.-Y., & Khoo, C.-H. (2015). Attitude, Learning
Environment and Current Knowledge Enhancement of Accounting Students in Malaysia. Journal of Accounting in Emerging Economies, 5(2), 202–221. Hanifah, S. I., & Sugeng, P. (2015). Akuntabilitas dan Transparansi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(8), 1–15.
Hatane, S. E., Setiono, F. J., Setiawan, F. F., Semuel, H., & Mangoting, Y. (2020). Learning Environment, Students’ Attitude and Intention to Enhance Current Knowledge in the Context of Choosing Accounting Career. Journal of Applied Research in Higher Education, (2011). Pratiwi, R.,
Sebrina, N., & Angelina, M. (2019). Akuntabilitas Penatausahaan, Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Dana Desa (Studi Empiris Pada Desa-Desa Di Wilayah Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman). Jurnal Ekplorasi Akuntansi, 1(1), 139–158.
Puspasari, O. R., & Purnama, D. (2018). Implementasi Sistem Keuangan Desa Dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Desa Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(2), 145.
Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru (Studi Pada Guru Ips Terpadu Yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan Dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137.
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Rustiana, A., & Chalifah, N. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma N 1 Jekulo Kudus. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7(1), 14–28.
Yuliansyah, & Rusmianto. (2017). Akuntansi Desa. Salemba Empat.
Yuliansyah, & Rusmianto. (2017). Akuntansi Desa. Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).