PENDAMPINGAN UNTUK PENYEDIAAN SISTEM PELANGGAN PADA UNIT USAHA YAYASAN BERNADUS DIREKTORAT SEKOLAH SANJAYA

Authors

  • Budi Susanto Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana https://orcid.org/0000-0002-2164-3764
  • Umi Proboyekti Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana
  • Gloria Virginia Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana

:

https://doi.org/10.9744/share.8.2.208-215

Keywords:

Sistem Pelanggan, Pendampingan Pengembangan, Sistem Informasi

Abstract

Direktorat Sekolah Sanjaya adalah lembaga dari Yayasan Bernardus yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk mendukung bidang pendidikan, mereka menjalankan unit usaha berupa kedai kopi bernama Melcosh. Oleh karena unit usaha tersebut penting untuk mendukung pelayanan bidang pendidikan, maka menjadi penting untuk dikembangkan. Pengembangan layanan kepada pelanggan menjadi salah satu bentuk layanan penting bagi Melcosh. Dalam usaha untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan sistem manajemen pelanggan berbasis aplikasi mobile. Dalam rangka itulah, Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi UKDW, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah salah satu bentuk penerapan kerja sama tersebut. Dalam pengembangan sistem manajemen pelanggan tersebut, mereka membutuhkan pendampingan teknis dikarenakan mereka belum memiliki tenaga tetap yang khusus menangani pengembangan sistem informasi. Dalam pendampingan teknis tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan beberapa luaran, antara lain dokumen spesifikasi kebutuhan, dokumen desain sistem, dan juga purwa rupa aplikasi. Purwa rupa yang dapat dikategorikan sebagai high fidelity aplikasi Pelanggan Melcosh berbasis Android juga telah dihasilkan bersama. Purwa rupa ini diharapkan dapat digunakan untuk memberi gambaran kepada tim Melcosh terkait bentuk aplikasinya nanti. Pendampingan juga memberikan pertimbangan dalam rencana strategis pembangunan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi bagi Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya. Pertimbangan tersebut dinilai penting bagi Yayasan karena dapat dimanfaatkan untuk pengembangan organisasi secara berkelanjutan.

References

Babich, N. (2017). Prototyping 101: The Difference between Low-Fidelity and High-Fidelity Prototypes and When to Use Each. https://blog.adobe.com/en/publish/2017/11/29/prototyping-difference-low-fidelity-high-fidelity-prototypes-use. Diakses tanggal 10 Maret 2022.

Baxter, K., Courage, C., & Caine, K. (2015). Understanding Your Users: A Practical Guide to User Research Methods. Elsevier. Waltham, MA.

Direktorat Sekolah Sanjaya. (2019). Tentang Direktorat Sekolah Sanjaya. http://sekolahsanjaya.blogspot.com. Diakses tanggal 11 November 2021.

Kurale, R., & Bala, K. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other CrossPlatform Mobile Application Development. International Journal of Creative Research Toughts (IJCRT), 9(12), a368 – a372.

Pearce, J. UML Class Diagrams as A Conceptual Models. http://www.cs.sjsu.edu/~pearce/modules/lectures/ooa/domain/domainModels.htm. Diakses tanggal 10 Maret 2022.

Proboyekti, U., Susanto, B., Virginia, G., & Restyandito. (2018). Focus Group Discussion (FGD) dalam Penyusunan Rencana Strategis Lembaga Gereja. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-3. 12 Oktober 2018, Jakarta, Indonesia. pp. 153-160.

Proboyekti, U., Susanto, B., Virginia, G., & Restyandito. (2020). Pemetaan Kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Terpadu Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa. Share: Journal of Service Learning, 6(1).

ReQtest. (2012). Why is the difference between functional and Non-functional requirements important? https://reqtest.com/requirements-blog/functional-vs-non-functional-requirements/. Diakses tanggal 12 November 2021.

Smith, M. (2019). Leveraging Social Media to Capture Customer Data and Fuel Journey Orchestration. https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2019/06/07/leveraging-social-media-to-capture-customer-data-and-fuel-journey-orchestration/?sh=7c21f3535598. Diakses tanggal 10 Maret 2022.

Susanto, B. & Saputra, L. K. P. (2020). Pembenahan Web Profil Sinode Gereja Kristen Jawa. Share: Journal of Service Learning, 6(2), 93-98.

Susanto, B., Sutarno, R., Proboyekti, U. & Virginia, G. (2018). Rekomendasi Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Sinode GKJ. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-3. 12 Oktober 2018, Jakarta, Indonesia

Still, B., & Crane, K. (2017). Fundamentals of User-Centered Design: A Practical Approach. CRC Press. Boca Raton.

Threfall, D. (2019). Design Testing: How to Test Visual Design. https://teston.io/en/blog/design-testing. Diakses tanggal 11 November 2021.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Susanto, B., Proboyekti, U., & Virginia, G. (2022). PENDAMPINGAN UNTUK PENYEDIAAN SISTEM PELANGGAN PADA UNIT USAHA YAYASAN BERNADUS DIREKTORAT SEKOLAH SANJAYA. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 208-215. https://doi.org/10.9744/share.8.2.208-215

Issue

Section

Articles