PENDAMPINGAN UNTUK PENYEDIAAN SISTEM PELANGGAN PADA UNIT USAHA YAYASAN BERNADUS DIREKTORAT SEKOLAH SANJAYA
:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.208-215Keywords:
Sistem Pelanggan, Pendampingan Pengembangan, Sistem InformasiAbstract
Direktorat Sekolah Sanjaya adalah lembaga dari Yayasan Bernardus yang bergerak dalam bidang pendidikan. Untuk mendukung bidang pendidikan, mereka menjalankan unit usaha berupa kedai kopi bernama Melcosh. Oleh karena unit usaha tersebut penting untuk mendukung pelayanan bidang pendidikan, maka menjadi penting untuk dikembangkan. Pengembangan layanan kepada pelanggan menjadi salah satu bentuk layanan penting bagi Melcosh. Dalam usaha untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan sistem manajemen pelanggan berbasis aplikasi mobile. Dalam rangka itulah, Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi UKDW, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah salah satu bentuk penerapan kerja sama tersebut. Dalam pengembangan sistem manajemen pelanggan tersebut, mereka membutuhkan pendampingan teknis dikarenakan mereka belum memiliki tenaga tetap yang khusus menangani pengembangan sistem informasi. Dalam pendampingan teknis tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan beberapa luaran, antara lain dokumen spesifikasi kebutuhan, dokumen desain sistem, dan juga purwa rupa aplikasi. Purwa rupa yang dapat dikategorikan sebagai high fidelity aplikasi Pelanggan Melcosh berbasis Android juga telah dihasilkan bersama. Purwa rupa ini diharapkan dapat digunakan untuk memberi gambaran kepada tim Melcosh terkait bentuk aplikasinya nanti. Pendampingan juga memberikan pertimbangan dalam rencana strategis pembangunan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi bagi Yayasan Bernadus Direktorat Sekolah Sanjaya. Pertimbangan tersebut dinilai penting bagi Yayasan karena dapat dimanfaatkan untuk pengembangan organisasi secara berkelanjutan.
References
Babich, N. (2017). Prototyping 101: The Difference between Low-Fidelity and High-Fidelity Prototypes and When to Use Each. https://blog.adobe.com/en/publish/2017/11/29/prototyping-difference-low-fidelity-high-fidelity-prototypes-use. Diakses tanggal 10 Maret 2022.
Baxter, K., Courage, C., & Caine, K. (2015). Understanding Your Users: A Practical Guide to User Research Methods. Elsevier. Waltham, MA.
Direktorat Sekolah Sanjaya. (2019). Tentang Direktorat Sekolah Sanjaya. http://sekolahsanjaya.blogspot.com. Diakses tanggal 11 November 2021.
Kurale, R., & Bala, K. (2021). A Comparative Study of Flutter with Other CrossPlatform Mobile Application Development. International Journal of Creative Research Toughts (IJCRT), 9(12), a368 – a372.
Pearce, J. UML Class Diagrams as A Conceptual Models. http://www.cs.sjsu.edu/~pearce/modules/lectures/ooa/domain/domainModels.htm. Diakses tanggal 10 Maret 2022.
Proboyekti, U., Susanto, B., Virginia, G., & Restyandito. (2018). Focus Group Discussion (FGD) dalam Penyusunan Rencana Strategis Lembaga Gereja. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-3. 12 Oktober 2018, Jakarta, Indonesia. pp. 153-160.
Proboyekti, U., Susanto, B., Virginia, G., & Restyandito. (2020). Pemetaan Kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Terpadu Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa. Share: Journal of Service Learning, 6(1).
ReQtest. (2012). Why is the difference between functional and Non-functional requirements important? https://reqtest.com/requirements-blog/functional-vs-non-functional-requirements/. Diakses tanggal 12 November 2021.
Smith, M. (2019). Leveraging Social Media to Capture Customer Data and Fuel Journey Orchestration. https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2019/06/07/leveraging-social-media-to-capture-customer-data-and-fuel-journey-orchestration/?sh=7c21f3535598. Diakses tanggal 10 Maret 2022.
Susanto, B. & Saputra, L. K. P. (2020). Pembenahan Web Profil Sinode Gereja Kristen Jawa. Share: Journal of Service Learning, 6(2), 93-98.
Susanto, B., Sutarno, R., Proboyekti, U. & Virginia, G. (2018). Rekomendasi Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Sinode GKJ. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-3. 12 Oktober 2018, Jakarta, Indonesia
Still, B., & Crane, K. (2017). Fundamentals of User-Centered Design: A Practical Approach. CRC Press. Boca Raton.
Threfall, D. (2019). Design Testing: How to Test Visual Design. https://teston.io/en/blog/design-testing. Diakses tanggal 11 November 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).