MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM KERAJINAN DI GRESIK

Authors

  • Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Ikhsan Budi Riharja Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • R Yudi Sidharta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Widhi Aristianti R Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.8.1.43-48

Keywords:

Sosial Media, UMKM, Perubahan Cara Promosi

Abstract

Pandemi mengajarkan banyak hal baru pada semua aspek kehidupan termasuk di dalamnya kegiatan bisnis. Pada saat sebelum pandemi kegiatan bisnis kerajinan dalam pemasarannya lebih banyak dilakukan secara konvensional yaitu bertemu langsung antara pelaku UMKM dengan konsumen. Pada awal sampai pertengahan pandemi pelaku UMKM masih belum terbiasa melakukan kegiatan bisnis secara online sehingga usaha yang dijalankan mengalami penurunan omset penjualan. Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis melalui inovasi pemasaran produk dengan menggunakan sosial media yang dilengkapi dengan informasi produk yang singkat, padat, jelas dan menarik. Para pelaku UMKM merasa belum terbiasa dan kurang memahami cara pemasaran online yang tepat. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan kegiatan pelatihan pemasaran online dan pendampingan pembuatan media sosial sebagai sarana promosi yang baru. Kegiatan pendampingan ini dilakukan denga memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, facebook, dan Instagram. Berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring para pelaku merasa lebih nyaman menggunakan whatsapp status dalam memasarkan produknya di-bandingkan dengan menggunakan facebook dan Instagram. Menurut pelaku UMKM menggunakan whatsapp status jauh lebih mudah, efektif dan efisien karena dengan hanya membuka whatsapp  pelaku UMKM dapat langsung berkomunikasi dengan calon pembeli maupun dengan pihak lainnya. Satu aplikasi semua kegiatan dapat dilakukan sehingga dirasa lebih efektif dan efisien dari sisi waktu.

References

Amri, A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2 (1). 123-130

Chianasta, F. P., & Wijaya. S. (2014). The Impact of Marketing Promotion Through Social Media on People’s Buying Decision of Lenovo in Internet Era: A Survey of Social Media Users in Indonesia. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1). 1-6.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni.R (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common. 3 (1). 71-80.

Francesca, M. C., Paola, D., & Paola, P. (2017). Women in Business and Social Media: Implications for Female Entrepreneurship in Emerging Countries. African Journal of Business Management, 11(14), 316–326.

Nadya. (2016). Peran Digital Marketing dalam Eksisten Bisnis Kuiner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(2), 133-144.

Nainggolan, R., H. T. H. Silitonga,, & E. Rambung. (2020). Penggunaan Media Online Untuk Bisnis Online Pemula Pada Penderita Hiv. SHARE (Journal of Service Learning). 6(1). 23-27

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 01(1). 33-44

Raharja, S. J., & S. U. Natari. (2021) Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Jurnal Kumawula,. 4(1). 108-123 https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Republika. (2020). Kemenkominfo Harapkan UMKM Manfaatkan Pasar Digital. https://republika.co.id/berita/q561cd383/kemenkominfo-harapkan-umkm-manfaatkan-pasardigital

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, 2(1). 80-86.

Susilo, D. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pencerahan STAB Syailendra, 11(1), 46-60.

Downloads

Published

2022-05-18