PERANCANGAN RUMAH EDUKASI RAMAH ANAK DI PESISIR KONDANG MERAK SEBAGAI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19
:
https://doi.org/10.9744/share.8.1.109-118Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Covid-19, Pembelajaran Daring, Rumah Edukasi, Perancangan ArsitekturAbstract
Pandemi Covid 19 merupakan sebuah pukulan bagi masyarakat di lapisan bawah, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya sangat terbatas di dalam mengakses teknologi digital dan juga terbatas dalam kepemilikan gawai. Keterbatasan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi instansi yang mendampingi masyarakat di lapangan, terutama bagi anak-anak yang tetap harus meneruskan proses Pendidikan. Perancangan rumah edukasi merupakan pengabdian masyarakat yang digagas oleh tim dari Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra melalui kegiatan Service Learning (atau yang selanjutnya disingkat menjadi metode SL) sebagai upaya untuk menjembatani permasalahan pembelajaran daring di masyarakat lapisan bawah. Selama pelaksanaannya, metode yang dilakukan adalah pendalaman teori, observasi lapangan virtual, melakukan diskusi kelompok, proses analisis serta mensintesiskan dalam bentuk gagasan konseptual perancangan rumah edukasi berupa gambar-gambar perancangan arsitektur. Dikarenakan kegiatan ini berlangsung selama puncak Covid 19 mulai awal tahun hingga pertengahan tahun 2021 maka mayoritas pelaksanaan kegiatan tersebut secara daring dan dengan teknik pembelajaran jarak jauh yang mengandalkan pihak-pihak terkait yang langsung mendampingi masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah panduan perancangan berupa gambar-gambar sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan rumah edukasi bagi anak-anak serta masyarakat di Kondang Merak dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dalam rangka menghadapi babak baru pembelajaran di era new normal.
References
Day, C. (2016). Environment and Children, Taylor and Francis. Routledge. London. United Kingdom.
Dudek, M. (2005). Children’s Space. Architectural Press. London.
Emeralda, A. (2021). Anak-anak di Jawa Menyampaikan Kekhawatiran Dan Aspirasi Mereka Kepada Pemangku Kebijakan, Artikel Elektronik Diakses pada tanggal 26 September 2021
Furco, A. (1996). Service-Learning: A Balanced Approach to Experiential Education. Diakses pada tanggal 2 September https://www.shsu.edu/academics/cce/documents/Service_Learning_
Balanced_Approach_To_Experimental_Education.pdf
Karana, P. P. (2021). Indonesia: 18 bulan Setelah Sekolah Ditutup, Kini Waktunya Anak-Anak Kembali ke sekolah dengan Aman Sesegera Mungkin – UNICEF/WHO diakses pada tanggal 25 September 2021 https://www.unicef.org/ indonesia/id/press-releases/indonesia-18-bulan-setelah-sekolah-ditutup-kini-waktunya-anak-anak-kembali-ke
Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing, Medan. h.11 – 12, h.19-39, h. 42-49
Makarim, N. A. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid 19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Diakses pada tanggal 20 September 2021. https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Panduan_Penyelenggaraan_Pembelajaran_di_Masa_Pandemi_1_Juni_2021.pdf
Pratiwi, I., Hijriani, I., Rakhmah, D. N., & Aziah, S. N. (2020). Evaluasi Hasil Belajar dari Rumah tahun Ajaran 2020/2021. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Prosiding Seminar Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi. http://repositori.kemdikbud.go.id/22258/1/1.%20Prosiding%20Seminar%20Puslitjak%202020%20%28Tahap%201%29.pdf2020
Toole, J., & Toole, P. (1995). Reflection as a Tool for Turning Service Experiences into Learning Experiences. Evaluation / Reflection. 63. Diakses pada tanggal 2 September 2021. https://digitalcommons.unomaha.edu/slceeval/63
Wonoseputro, C., & Wijaya, E. S. (2021). Perancangan Fasilitas Edukasi Ramah Anak Berbasis Lingkungan di Pantai Kondang Merak, Malang Selatan Pasca Pandemi COVID-19, Laporan Service Learning (Hibah Internal Covid – 19) Program Studi Arsitektur, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Kristen Petra Surabaya.
Wonoseputro, C., dkk. (2021) Arsitektur di Pesisir Kondang Merak. Petra Press. Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).