PERANCANGAN RUMAH EDUKASI RAMAH ANAK DI PESISIR KONDANG MERAK SEBAGAI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Christine Wonoseputro Universitas Kristen Petra
  • Elvina Shanggrama Wijaya Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/share.8.1.109-118

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Covid-19, Pembelajaran Daring, Rumah Edukasi, Perancangan Arsitektur

Abstract

Pandemi Covid 19 merupakan sebuah pukulan bagi masyarakat di lapisan bawah, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya sangat terbatas di dalam mengakses teknologi digital dan juga terbatas dalam kepemilikan gawai. Keterbatasan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi instansi yang mendampingi masyarakat di lapangan, terutama bagi anak-anak yang tetap harus meneruskan proses Pendidikan. Perancangan rumah edukasi merupakan pengabdian masyarakat yang digagas oleh tim dari Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra melalui kegiatan Service Learning (atau yang selanjutnya disingkat menjadi metode SL) sebagai upaya untuk menjembatani permasalahan pembelajaran daring di masyarakat lapisan bawah. Selama pelaksanaannya, metode yang dilakukan adalah pendalaman teori, observasi lapangan virtual, melakukan diskusi kelompok, proses analisis serta mensintesiskan dalam bentuk gagasan konseptual perancangan rumah edukasi berupa gambar-gambar perancangan arsitektur. Dikarenakan kegiatan ini berlangsung selama puncak Covid 19 mulai awal tahun hingga pertengahan tahun 2021 maka mayoritas pelaksanaan kegiatan tersebut secara daring dan dengan teknik pembelajaran jarak jauh yang mengandalkan pihak-pihak terkait yang langsung mendampingi masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah panduan perancangan berupa gambar-gambar sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan rumah edukasi bagi anak-anak serta masyarakat di Kondang Merak dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dalam rangka menghadapi babak baru pembelajaran di era new normal.

References

Day, C. (2016). Environment and Children, Taylor and Francis. Routledge. London. United Kingdom.

Dudek, M. (2005). Children’s Space. Architectural Press. London.

Emeralda, A. (2021). Anak-anak di Jawa Menyampaikan Kekhawatiran Dan Aspirasi Mereka Kepada Pemangku Kebijakan, Artikel Elektronik Diakses pada tanggal 26 September 2021

https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/cerita/anak-anak-di-jawa-menyampaikan-kekhawatiran-dan-aspirasi-mereka-kepada-pemangku-kebijakan

Furco, A. (1996). Service-Learning: A Balanced Approach to Experiential Education. Diakses pada tanggal 2 September https://www.shsu.edu/academics/cce/documents/Service_Learning_

Balanced_Approach_To_Experimental_Education.pdf

Karana, P. P. (2021). Indonesia: 18 bulan Setelah Sekolah Ditutup, Kini Waktunya Anak-Anak Kembali ke sekolah dengan Aman Sesegera Mungkin – UNICEF/WHO diakses pada tanggal 25 September 2021 https://www.unicef.org/ indonesia/id/press-releases/indonesia-18-bulan-setelah-sekolah-ditutup-kini-waktunya-anak-anak-kembali-ke

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing, Medan. h.11 – 12, h.19-39, h. 42-49

Makarim, N. A. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid 19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Diakses pada tanggal 20 September 2021. https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Panduan_Penyelenggaraan_Pembelajaran_di_Masa_Pandemi_1_Juni_2021.pdf

Pratiwi, I., Hijriani, I., Rakhmah, D. N., & Aziah, S. N. (2020). Evaluasi Hasil Belajar dari Rumah tahun Ajaran 2020/2021. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Prosiding Seminar Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi. http://repositori.kemdikbud.go.id/22258/1/1.%20Prosiding%20Seminar%20Puslitjak%202020%20%28Tahap%201%29.pdf2020

Toole, J., & Toole, P. (1995). Reflection as a Tool for Turning Service Experiences into Learning Experiences. Evaluation / Reflection. 63. Diakses pada tanggal 2 September 2021. https://digitalcommons.unomaha.edu/slceeval/63

Wonoseputro, C., & Wijaya, E. S. (2021). Perancangan Fasilitas Edukasi Ramah Anak Berbasis Lingkungan di Pantai Kondang Merak, Malang Selatan Pasca Pandemi COVID-19, Laporan Service Learning (Hibah Internal Covid – 19) Program Studi Arsitektur, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Wonoseputro, C., dkk. (2021) Arsitektur di Pesisir Kondang Merak. Petra Press. Surabaya.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Wonoseputro, C., & Wijaya, E. S. (2022). PERANCANGAN RUMAH EDUKASI RAMAH ANAK DI PESISIR KONDANG MERAK SEBAGAI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 . Share: Journal of Service Learning, 8(1), 109-118. https://doi.org/10.9744/share.8.1.109-118