PENINGKATAN KUALITAS OPERASIONAL RUMAH PENGINAPAN GRIYA KUSUMA INDAH, PACET
:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.168-176Keywords:
Sistem Reservasi, Kualitas Layanan, Protokol KesehatanAbstract
Sejak berdirinya tahun 2007, Griya Kusuma Indah (GKI) yang berlokasi di Pacet, menerima reservasi yang sifatnya terbatas, yaitu hanya menerima reservasi grup kegiatan keagamaan, organisasi ataupun perusahaan dan tidak menerima tamu individu. Hal ini menyebabkan segala sistem reservasi dikelola secara manual dimana organisasi/perusahaan melakukan reservasi hanya melalui telpon maupun whatapps dan hanya dilakukan pencatatan sederhana secara manual. Sejak adanya pandemi Covid-19, GKI tidak dimungkinkan untuk menerima reservasi grup sehingga tidak ada pemasukan untuk menutup biaya operasional sehingga akhirnya pengurus GKI membuka GKI sebagai rumah penginapan yang dapat menerima tamu individual ataupun tamu tanpa reservasi. Tetapi keinginan ini belum didukung oleh sistem reservasi, pembayaran, pemasaran, sumber daya manusia maupun fasilitas yang sesuai terutama dalam kondisi pandemi saat ini. Terkait permasalahan yang ada, tim dosen dari program Hotel Management Universitas Kristen Petra memberikan bantuan dan pendampingan berupa (1) pembuatan website yang juga berfungsi sebagai sistem reservasi dan pembayaran di Griya Kusuma Indah (2) pembuatan modul/panduan terkait kualitas layanan (3) pembuatan banner dan poster yang “menyerukan” protokol kesehatan yang harus dilakukan baik oleh karyawan maupun tamu yang datang, yang diletakkan di beberapa area yang mudah terlihat, dan (4) pembuatan video promosi. Selain melakukan hal di atas, maka tim dari program Hotel Management juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan sistem reservasi dan kualitas layanan, maupun membantu menentukan tipe dan harga jual kamar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tamu mudah untuk melakukan reservasi dan mendapatkan layanan yang baik sehingga tamu pada akhirnya menjadi puas. Ketika tamu puas, diharapkan tamu akan kembali ke Griya Kusuma Indah. Selain itu dengan adanya video yang ditampilkan di Instagram maupun website serta disebarkan ke beberapa organisasi juga akan semakin memperkenalkan Griya Kusuma Indah kepada masyarakat yang lebih luas.
References
Dube, K., Nhamo, G., & Chikodzi, D. (2021). COVID-19 Cripples Global Restaurant and Hospitality Industry. Current Issues in Tourism, 24(11), 1487-1490.
Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111-120.
Ginting, K. (2021). Berpeluang di Masa Pandemi, Ini 5 Kebutuhan Rumah Penginapan Versi Sandiaga. https://www.theiconomics.com/art-of-execution/berpeluang-di-masa-pandemi-ini-5-kebutuhan-rumah-penginapan-versi-sandiaga/
Hariyanto, D. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel JW Marriott Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4).
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan di Hotel. https://chse.kemenparekraf.go.id/pedoman
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2021). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Kim, J. K., Lee, S. K., & Tang, L. R. (2020). Effects of Epidemic Disease Outbreaks on Financial
Performance of Restaurants: Event Study Method Approach. Journal of Hospitality and Tourism Management, 43, 32–41.
Mohr, H., Zwosta, K., Markovic, D., Bitzer, S., Wolfensteller, U., & Ruge, H. (2018). Deterministic Response Strategies in A Trial-and-error Learning Task. PLoS Computational Biology, 14(11), e1006621.
Ramadhian, N. (2020). 10 Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemic Covid-19. https://travel.kompas.com/read/2020/12/04/110100327/10-tips-aman-menginap-di-hotel-selama-pandemi-Covid-19-19?page=all
Saragih, D. Y., & Panjaitan, N. J. (2018). Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kepuasan Pelanggan Hotel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 1(1), 43-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).