PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON UNTUK LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA GURU BK SMA NEGERI/SWASTA KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Endra Rahmawati Universitas Dinamika
  • Ayouvi Poerna Wardhanie Universitas Dinamika

:

https://doi.org/10.9744/share.8.2.119-126

Keywords:

Layanan Akademik, Bimbingan Konseling, Aplikasi Powtoon

Abstract

Sistem pembelajaran Studi from Home di masa Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada seluruh aktivitas belajar mengajar, termasuk bimbingan konseling yang dilakukan secara daring (online). Penyelenggaraan bimbingan konseling bertujuan untuk memfasilitasi sekolah dalam mengembangkan potensi para siswa, supaya mampu bekerja secara efektif, produktif dan menjadi manusia mandiri. Para Guru BK pada SMA Negeri/Swasta yang ada di Kabupaten Sidoarjo mengalami kesulitan dalam proses berinteraksi dengan para siswa untuk kegiatan bimbingan konseling. Salah satu media interaktif yang digunakan dalam melakukan pembelajaran online ini adalah aplikasi Powtoon. Kegiatan ini tidak sekedar dilakukan untuk siswa bermasalah saja, namun juga dilakukan untuk menyebarkan informasi terkini mengenai proses belajar mengajar di sekolah, himbauan positif kepada siswa, dan peringatan / pengumuman penting terkait proses belajar siswa. Untuk itu diperlukan sebuah kegiatan pelatihan bagi para Guru SMA Negeri/Swasta dengan mempelajari semua fitur yang telah disediakan oleh Aplikasi Powtoon. Dengan adanya pelatihan ini dapat membantu Para Guru BK untuk menyebarkan informasi terkait dengan proses belajar, himbauan, maupun peringatan/pengumuman yang bermanfaat bagi para siswa berupa Video Animasi yang dapat diakses secara online melalui media online seperti Youtube Channel. Pemberian pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi workshop dan sesi konsultasi. Pada sesi workshop, pemateri/trainer memberikan demonstrasi bagaimana penggunaan dan pengoperasian aplikasi powtoon, mulai dari pendaftaran akun baru hingga publish hasil animasi video. Sedangkan pada sesi konsultasi dimungkinkan adanya interaksi 2 arah dari peserta dan pemateri untuk mendalami materi yang telah diberikan. Di akhir pelatihan, ditutup dengan evaluasi menggunakan kuisioner via Google Form dan melakukan pengamatan dari sisi pemateri/trainer dengan melihat hasil akhir dari video animasi yang dihasilkan oleh peserta. Hasil feedback dari kuisioner menunjukkan bahwa 93,7% setuju dengan pernyataan bahwa pelatihan ini dapat menambah wawasan para Guru BK, penyampaian materi sudah cukup baik, dan kualitas video yang dihasilkan juga memuaskan. Berdasarkan hasil pengamatan dari pemateri/trainner terdapat sekitar 80% peserta mampu menghasilkan video animasi versi diri mereka sendiri.

References

Aini. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Individual Siswa Kelas IX.A SMPN 1 Lenek Masa Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Teach. J. Inov. Kegur. Dan Ilmu Pendidik., 1(4).

Almafahir, A. (2021). Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa New Normal. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 1(2), 85–90.

Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Seminar Nasional Dies Natalis Ke-56 Universitas Negeri Makassar, 1–6.

Dewi, L. N., & Permana, H. (2022). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Penyelesaian Konflik Interpersonal Siswa di SMP Islam Al-Azhar 22 Sentra. Ristekdik (Jurnal Bimbing dan Konseling), 7(1), 33–41.

Habibah, S., Diniaty, A., & Robiatul Adawiyah, P. (2021). Penggunaan Media Konseling Online pada Masa Pandemi Covid-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal P-ISSN, 4(2), 80–86.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447.

Mulyana, Siagian, N., Basid, A., Saimroh, Sovitriana, R., Habibah, N., Saepudin, J., Maimunah, M. A., Muaripin, & Oktavian, C. N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. In Litbangdiklat Press. www.balitbangdiklat.kemenag.go.id

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171–187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Proseding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7.

Rifayani, H. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di MI Muhammadiyah Karanganyar. Talenta Psikologi, XI(1), 73–85.

Sholihah, I. N. M., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PD ABKIN JATIM Open J. Syst., 1(2).

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Rahmawati, E., & Poerna Wardhanie, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON UNTUK LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA GURU BK SMA NEGERI/SWASTA KABUPATEN SIDOARJO. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 119-126. https://doi.org/10.9744/share.8.2.119-126

Issue

Section

Articles