PENDAMPINGAN UMKM UNIT PRODUKSI MAKANAN OLAHAN RINGAN EMPING JAGUNG DI DESA CURAH COTTOK, KEC. KAPONGAN, KAB. SITUBONDO, JAWA TIMUR

Authors

  • Andrew Joewono Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Rasional Sitepu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Lanny Agustine Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Tarsisius Dwi Wibawa B Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Indah Kuswardani Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • N. Agus Sunarjanto Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • L Suratno Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/share.8.2.127-136

Keywords:

Pemipih Jagung, Pendampingan UMKM, Bisnis Model Canvas

Abstract

Industri makanan ringan olahan belum pernah mengalami penurunan minat konsumen, terutama pada hari libur dan hari raya, di Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sehingga bisnis produksi ini memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Disamping itu des aini mempunyai visi dan misi “Menjadi Desa yang Mandiri”, sebagai landasan kegiatan yang akan dilakukan dan sudah terbentuk Badan Usaha Milik Desan (BUMDes). Untuk mengintensifkan upaya BUMDes, kegiatan unit usaha dilakukan untuk memperluas unit usaha dengan membuat unit produksi emping jagung. Bahan baku makanan olahan tersebut dapat ditanam di lahan pertanian yang dimiliki desa sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan proses produksi pangan olahan ringan berbahan baku jagung. Dalam menjalankan proses yang produktif dilakukan pelatihan kewirausahaann untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan pada kelompok mitra BUMDes, pendampingan dalam pengolahan emping jagung dengan menggunakan mesin produksi teknologi tepat guna pemipih jagung, pembentukan UMKM emping jagung dan pelatihan sistem manajemen bisnis dalam pengelolaan unit produksi dan pengelolaan BUMDes. Hasil pelaksanaan kegiatan, terbentuknya UMKM emping jagung dengan profil usaha dan karateristik UMKM, Bisnis Mode Canvas sebagai dokumen pendampingan UMKM, serta sistem manajemen bisnis mesin produksi emping jagung dengan kapasitas produksi 50 kg/jam. Oleh karena itu kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dilakukan dalam usaha-usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat.

References

Antarlina, S., & Krismawati, A. (2011). Pengkajian Pembuatan Emping Jagung dari Tiga Varietas dengan Dua Teknik. Seminar Nasional Serelia (pp. -). Sulawesi Selatan - Indonesia: Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian - Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2022. Desa Wisata Curah Cottok. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/18994. Diakses tanggal 12 Mei 2022.

Hutami, E., Marham, A., Alisyahbana, A., Asisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Business Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 1(1), 1-11.

Maulida Lestari, M. F. (2017). Potret Jagung Indonesia : Menuju Swasembada Tahun 2017. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia - Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New York: John Wiley & Sons.

Rachmawati, D., Tulipa, D., & Joewono, A. (2019). Membangkitkan Semangat Berwirausaha. Surabaya Indonesia: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Rachmawati, D., Wijaya, H., Lindrawati, W. T., & Atmaja, L. (2021). Rachmawati Lokakarya Penyusunan Business Plan dengan Model Canvas untuk Manajemen Aset Village Menuju Kemandirian Pendanaan di Yayasan SOS Children’s Villages: Village Tabanan, Bali. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Rizki, A., & Yudistira. (2017). Rancang Bangun Mesin Pemipih Jagung. Journal og Applied Agricultural science and Technology, 1(1), 1-7.

Warnaningtyas, H. (September 2020). Desain Business Model Canvas (BMC) pada Usaha Batik di Kota Madiun. EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis, 9(2), 52-66.

Yudianto, A., & Nurhidayati, A. (2021). Penerapan Business Model Canvas (BMC) untuk Pengembangan Usaha Mangga di Desa Pawidean Jatibarang Kabupaten Indramayu. Buletin Abdi Masyarakat, 2(1), 26-32.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Joewono, A., Sitepu, R., Agustine, L., Wibawa B, T. D., Kuswardani, I., Sunarjanto, N. A., & Suratno, L. (2022). PENDAMPINGAN UMKM UNIT PRODUKSI MAKANAN OLAHAN RINGAN EMPING JAGUNG DI DESA CURAH COTTOK, KEC. KAPONGAN, KAB. SITUBONDO, JAWA TIMUR. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 127-136. https://doi.org/10.9744/share.8.2.127-136

Issue

Section

Articles