PERAN LITERASI DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA GURU DI SDN SE-KEPANEWON CANGKRINGAN, DIY
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.159-167Keywords:
Pendidikan, Peningkatan Literasi, Pengembangan Sumber Daya ManusiaAbstract
Tiap masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Kualitas pembelajaran tidaklah statis, melainkan dinamis dengan mendorong persyaratan hasil belajar pada kemajuan sains dan teknologi untuk membentuk pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Yogyakarta merupakan sebuah kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar, akan tetapi masih banyak permasalahan pendidikan yang dikeluhkan khususnya terkait hak belajar siswa. Memastikan setiap anak memperoleh hak akses pendidikan berkualitas di lingkungan yang aman masih menjadi tugas yang belum sepenuhnya selesai. Penurunan kualitas Pendidikan di Yogyakarta pun diungkap oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta di masa pandemi ini, sehingga menjadi tugas dan tanggung jawab berbagai pihak untuk meningkatkan sistem dan kualitas pendidikan. Pada era pendidikan 4.0, diskusi tentang literasi sangatlah mendesak, terutama di tingkat sekolah sebagai fondasi dalam mengubah kualitas pendidikan untuk membangun dan mengoptimalkan implementasi literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan manusia. Implementasi literasi bermanfaat bagi pendidik untuk profesional dalam berperan aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan. Para pendidik yang berkompeten akan mampu membimbing, menciptakan pengelolaan kelas, dan mendorong proses interaksi dengan situasi yang lebih efektif untuk mencapai tingkat optimal pada hasil belajar siswa. Hal ini, sejalan dengan keadaan kendala yang dialami SDN se-Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pengembangan sumber daya guru dan peningkatan literasi. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya, diadakan penyuluhan dan pendampingan pengembangan sumber daya manusia dan literasi untuk membantu pendidikan sekolah dasar di SDN se-Kapanewon Cangkringan dalam memperkuat kembali komitmen terhadap misi pendidikan dan membantu mengembangkan pengelolaan sumber daya manusia SDN se-Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
References
Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11–22. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi
Amir, F. (2015). Developing Structure for Management of Quality in Schools: Steps towards Quality Assurance Systems. American Journal of Educational Research, 3(8), 977–981. https://doi.org/10.12691/education-3-8-5
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Rajawali Pers.
Goetesch, D. L., & Davis, S. B. (2014). Quality Management: Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality. Pearson New International Edition.
Kusuma, P. (2019). Peringkat 6 Terbawah, Indonesia Diminta Tinggalkan Sistem Pendidikan “Feodalistik.” DW. https://www.dw.com/id/peringkat-6-terbawah-indonesia-diminta-tinggalkan-sistem-pendidikan-feodalistik/a-51541997
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan
Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). Programme for International Student Assessment 2018.
Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 11 Tahun 2016, Pub. L. No. Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 11 Tahun 2016 (2016).
Septiarti, S. W., Hanum, F., Wahyono, S. B., Astuti, S. I., & Efianingrum, A. (2017). Sosiologi dan Antropologi Pendidikan (Edisi Pert). UNY Press.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
World Population Review. (2022). Education Rankings by Country 2022.
Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Referensi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).