PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENGEMBANGAN WISATA AIR D’GANJARAN MELALUI TATA KELOLA, MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN
:
https://doi.org/10.9744/share.8.2.228-237Keywords:
BUMDes, Wisata, Tata Kelola, Manajemen, PemasaranAbstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan di wisata air D’Ganjaran di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Desa Sambibulu memiliki obyek wisata yaitu wisata air D’Ganjaran dan agrowisata. Wisata air D’Ganjaran memiliki unit usaha: kolam perahu bebek, mobil aki, flying fox, café, kolam renang, mandi bola, panggung gembira dan UMKM batik jumput. Agrowisata di Desa Sambibulu adalah tanaman buah jambu. Kedua bisnis unit ini dikelola oleh BUMDes Sambi Madu. Wisata Air D’Ganjaran memiliki prospek yang bagus, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya jumlah wisatawan. Namun belum ada perencanaan pengembangan yang dibuat oleh BUMDes Sambi Madu karena kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki masih rendah. Permasalahan yang dihadapi adalah Tata Kelola BUMDes yang kurang baik, manajemen keuangan yang masih konvensional dan belum menggunakan strategi pemasaran yang modern. Kegiatan PKM ini ditujukan untuk: 1). Penguatan tata kelola BUMDes, 2). Penggunaan sistem pembukuan yang akuntable, 3). Penggunaan web, instagram untuk promosi pemasaran. Metode PKM yang dipakai adalah: pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pengelola dan pengurus BUMDes. PKM dilakukan mulai bulan April 2022 sampai Agustus 2022. Hasil PKM yaitu terbentuknya struktur organisasi kelembagaan dan tata kelola BUMDes yang profesional, manajemen keuangan sesuai prinsip akuntasi dan strategi pemasaran modern. Hasil PKM ini diharapkan dapat mengembangkan wisata air D’Ganjaran lebih baik dengan pesat dan BUMDes Sambi Madu dapat membuat rencana pengembangan wisata air D’Ganjaran dengan memanfaatkan dana hibah yang didapat dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk pembangunan kolam renang orang dewasa dan anak-anak.
References
Ambar (2019). 6 Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata. https://pakarkomunikasi.com/pemanfaatan-media-sosial-untuk-promosi-wisata. Diakses pada tanggal 1 September 2021.
Anuar, A. N. A., & Sood, N. A. A. (2017). Community Based Tourism: Understanding, Benefits and Challenges. Journal of Tourism and Hospitality, 6(1). DOI: 10.4172/2167- 0269.1000263.
Bagindo, M., Sanim, B., & Saptono I. T. (2016). Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken dengan Pendekatan Business Model Canvas. Manajemen IKM, 11(1).
Bungin, B. (2015) Komunikasi Pariwisata Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ridlwan, M. A., Muchsin, S., Hayat. (2017). Model Pengembangan Ekowisata dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Indonesia Political Science Review, 2(2), 141-158.
Rudianto, R., & Siregar, S. V. (2012) Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1-21.
Saragi, N., & Abdullah, A. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Pengelolaan Objek Wisata di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 17. https://doi.org/10.37064/jpm.v6i2.6894
Saputro, P. B. (2011). Tata Kelola Wisata di Dataran Tinggi Dieng Provinsi Jawa Tengah. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Sedarmayanti, (2005). Membangun Kebudayaan dan Pariwisata (Bunga Rampe Tulisan Pariwisata). Bandung (ID): Penerbit Mandar Maju
Situmorang, S. M. (2012). Objek Wisata Kebun Binatang Simalingkar B dalam Kajian Sejarah Pariwisata tahun 2005-2011. Medan: Universitas Negeri Medan.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. 1st edn. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).