PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISWA SMK IMMANUEL 2
:
https://doi.org/10.9744/share.9.1.24-29Keywords:
teknologi informasi, pembelajaran berbasis kasus, pengabdian masyarakatAbstract
Transformasi digital telah merubah seluruh aspek kehidupan masyarakat terutama di bidang pendidikan. Penggunaan teknologi informasi menjadi faktor penting dalam transformasi digital tersebut. Situasi pandemi covid-19 mendorong setiap sekolah untuk menggunakan teknologi informasi untuk menjadi media pembelajaran antara pendidik dan peserta didik namun terjadi hambatan dalam proses pembelajaran PJJ tersebut karena diperlukan keterlibatan aktif dan mandiri dari para peserta didik selama kegiatan belajar tersebut. Permasalahan yang dihadapi siswa-siswi SMK Kristen Immanuel 2 berkaitan dengan rendahnya kemampuan dalam menggunakan teknologi dan media digital untuk mendukung proses pembelajaran sehingga para peserta didik tidak dapat memperoleh proses pembelajaran yang cukup dan merata. Berdasarkan permasalahan tersebut, para dosen dari Institusi Teknologi dan Bisnis Sabda Setia Pontianak bermitra dengan SMK Kristen Immanuel 2 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengenalan pada teknologi informasi yang dapat membantu proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti oleh siswa dan siswi SMK dengan topik penggunaan aplikasi microsoft excel untuk analisis bisnis dan aplikasi Figma untuk desain situs web. Para pengajar melakukan interaksi secara aktif dengan para peserta selama kegiatan tersebut menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus. Hasil evaluasi dari seluruh pertemuan menunjukkan bahwa kegiatan tersebut telah memenuhi tujuan yang ingin dicapai untuk memberikan pengenalan dalam menggunakan teknologi informasi supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
References
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803
Andini, N. F. (2020). Dampak pembelajaran daring bagi mahasiswa masa pandemi covid-19. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/64093382/DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA MASA PANDEMI COVID-19.pdf
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji hambatan pembe-lajaran jarak jauh di Indonesia di masa pandemi covid-19. Center for Indonesians Policy Studies, 19(2), 1–9. https://id.cips-indonesia.org/ post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa-covid-19
Budiman, J. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia selama masa pandemi covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074
Gridasova, A. V., Grinko, M. A., Papernay, N. V., Khandzhian, D. D., & Soboleva, E. (2020). Digital transformation of the educational university space while teaching foreign languages. In Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(5), Springer International Publishing. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP5/20201894
Katyeudo, K. K., & de Souza, R. A. C. (2022). Digital Transformation towards education 4.0. Informatics in Education, 21(2), 283–309. https://doi.org/10.15388/infedu.2022.13
Kurniawan, B., K., I. B., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2022). Media pembelajaran multimedia interaktif EPIC 5C berbasis CBL. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 5–9. https://books.google.co.id/books?id=0b9bEAAAQBAJ&pg=PA6&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
Medi, H. W. (2021). Digital educational transformation and new normal: Breaking through the challenges, leveling up opportunities and building up solutions for the development of indonesian education in the future. Proceeding on International Symposium on Open, Distance, and e-Learning, 155–170. https://isodel.kemdikbud.go.id/assets/journal/index.php/isodel/article/view/88/72
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran Case Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/JHES.515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).