PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISWA SMK IMMANUEL 2

Authors

  • Sebastian Sebastian Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak
  • Alex Cahyadi Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak
  • Alip Hanoky Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak
  • Petrus Sentoso Tan Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak
  • Raymond Wahyudi Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

:

https://doi.org/10.9744/share.9.1.24-29

Keywords:

teknologi informasi, pembelajaran berbasis kasus, pengabdian masyarakat

Abstract

Transformasi digital telah merubah seluruh aspek kehidupan masyarakat terutama di bidang pendidikan. Penggunaan teknologi informasi menjadi faktor penting dalam transformasi digital tersebut. Situasi pandemi covid-19 mendorong setiap sekolah untuk menggunakan teknologi informasi untuk menjadi media pembelajaran antara pendidik dan peserta didik namun terjadi hambatan dalam proses pembelajaran PJJ tersebut karena diperlukan keter­libatan aktif dan mandiri dari para peserta didik selama kegiatan belajar tersebut. Permasalahan yang dihadapi siswa-siswi SMK Kristen Immanuel 2 berkaitan dengan rendahnya kemampuan dalam menggunakan teknologi dan media digital untuk mendukung proses pembelajaran sehingga para peserta didik tidak dapat memperoleh proses pembelajaran yang cukup dan merata. Berdasarkan permasalahan tersebut, para dosen dari Institusi Teknologi dan Bisnis Sabda Setia Pontianak bermitra dengan SMK Kristen Immanuel 2 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengenalan pada teknologi informasi yang dapat membantu proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti oleh siswa dan siswi SMK dengan topik penggunaan aplikasi microsoft excel untuk analisis bisnis dan aplikasi Figma untuk desain situs web. Para pengajar melakukan interaksi secara aktif dengan para peserta selama kegiatan tersebut menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus. Hasil evaluasi dari seluruh pertemuan menunjukkan bahwa kegiatan tersebut telah memenuhi tujuan yang ingin dicapai untuk memberikan pengenalan dalam menggunakan teknologi informasi supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Author Biographies

Sebastian Sebastian, Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

SINTA ID: 6826122, GS ID: a7x2td4AAAAJ

Alex Cahyadi, Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

SINTA ID: 6826123, GS ID: Gt8ZS-cAAAAJ

Alip Hanoky, Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

SINTA ID: 6826119, GS ID: AcagKx4AAAAJ

Petrus Sentoso Tan, Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

SINTA ID: 6826121, GS ID: ZZAxdx0AAAAJ

Raymond Wahyudi, Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Pontianak

SINTA ID: 6809627, GS ID: jS1PwTcAAAAJ

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Andini, N. F. (2020). Dampak pembelajaran daring bagi mahasiswa masa pandemi covid-19. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/64093382/DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji hambatan pembe-lajaran jarak jauh di Indonesia di masa pandemi covid-19. Center for Indonesians Policy Studies, 19(2), 1–9. https://id.cips-indonesia.org/ post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa-covid-19

Budiman, J. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia selama masa pandemi covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074

Gridasova, A. V., Grinko, M. A., Papernay, N. V., Khandzhian, D. D., & Soboleva, E. (2020). Digital transformation of the educational university space while teaching foreign languages. In Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(5), Springer International Publishing. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP5/20201894

Katyeudo, K. K., & de Souza, R. A. C. (2022). Digital Transformation towards education 4.0. Informatics in Education, 21(2), 283–309. https://doi.org/10.15388/infedu.2022.13

Kurniawan, B., K., I. B., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2022). Media pembelajaran multimedia interaktif EPIC 5C berbasis CBL. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 5–9. https://books.google.co.id/books?id=0b9bEAAAQBAJ&pg=PA6&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false

Medi, H. W. (2021). Digital educational transformation and new normal: Breaking through the challenges, leveling up opportunities and building up solutions for the development of indonesian education in the future. Proceeding on International Symposium on Open, Distance, and e-Learning, 155–170. https://isodel.kemdikbud.go.id/assets/journal/index.php/isodel/article/view/88/72

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran Case Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/JHES.515

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Sebastian, S., Cahyadi, A., Hanoky, A., Tan, P. S., & Wahyudi, R. (2023). PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISWA SMK IMMANUEL 2. Share: Journal of Service Learning, 9(1), 24-29. https://doi.org/10.9744/share.9.1.24-29