LITERASI PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK GURU SEKOLAH DASAR
:
https://doi.org/10.9744/share.9.2.129-133Keywords:
5R, pengelolaan sampah, sekolah dasarAbstract
Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur memiliki beberapa Sekolah Dasar. Pentingnya pendidikan pengelolaan sampah sedari dini membantu untuk menumbuh-kembangkan kecintaan terhadap lingkungan dengan cara yang bertanggungjawab sekaligus memberdayakan potensi untuk dikembangkan baik bagi para guru Sekolah Dasar maupun siswa siswi Sekolah Dasar. Pengembangan program pengelolaan sampah pada masyarakat dapat menganut model 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Pengelolaan sampah pada masyarakat yang dimulai sedari dini akan semakin meningkatkan nilai tambah baik bagi masyarakat ataupun bagi lingkungan. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk memberikan pemahaman mengenai pola pikir masyarakat yang selama ini memandang sampah sebagai suatu objek yang tidak ada manfaatnya. Pengabdian masyarakat yang diharapkan dapat menjadikan para guru Sekolah Dasar memiliki peran penting sebagai kader dalam mengajarkan literasi pengelolaan sampah sedari dini untuk para siswa siswi Sekolah Dasar. Pelaksanaan kegiatan dengan metode training of trainer (tot) dan memberikan simulasi serta contoh mengenai pengelolaan sampah rumah tangga. Pendekatan yang dilakukan adalah partisipatif. Para guru Sekolah Dasar diajak untuk aktif memberikan ide dan pendapat dalam pengelolaan sampah terutama untuk diterapkan ke siswa Sekolah Dasar masing-masing. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Program Studi Akuntansi dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ciputra Surabaya. Pemahaman mengenai pengelolaan limbah rumah tangga memberikan dampak positif dan menjaga lingkungan sekitar. Respon dari para guru Sekolah Dasar Kecamatan Lakarsantri sangat baik dapat dilihat dalam proses diskusi dan sesi tanya jawab.
References
Apriansyah, M. R., & Sushanty, V. R. (2022). Pengelolaan sampah rumah tangga dan penyu-luhan peduli lingkungan kepada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 02(June), 447–460.
BPK. (2017). Kebijakan dan strategi nasional penge¬lolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Retrieved from Peraturan.BPK.Go.Id. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/73225/perpres-no-97-tahun-2017
Hendriyanto. (2022). Sekolah ajarkan anak kelola sampah sejak dini. Retrieved from https://uks.kemdikbud.go.id/halaman/berita-detail/Sekolah-Ajarkan-Anak-Kelola-Sampah-Sejak-Dini
Maliga, I., Hasifah, H., & Lestari, A. R. (2021). Penyu-luhan pengolahan sampah rumah tangga (Pembuatan kompos dan biopori) dari sisa limbah organik dapur sebagai pupuk tanaman apotek hidup di desa baru tahan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 100–106.
Marliani, N. (2015). Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146
Ningsih, A. T. R., & Siswati, L. (2021). Pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos di kelurahan. DINAMISIA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(4), 974–978.
Noer, H., Agroteknologi, P. S., Pertanian, F., Alkhairaat, U., Wijayanti, M., & Kholil, M. (2021). Pengelolaan limbah rumah tangga dalam. Abditani Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 145–148.
Pradana, B. G. V., Mayasari, A., & Pratama, Y. M. (2022). Peran literasi dalam peningkatan sumber daya guru di SDN Se-Kepanewon Cangkringan, DIY. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(2), 159–167. https://doi.org/10.9744/share.8.2.159-167
Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2021). Grafik komposisi sampah. Retrieved from SIPSN. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Wijayati, A. N. T. K., Murniningsih, M., Andini, D. W., Herawati, C., Nafis, M. J., Aliffah, A., Ardini, R. A. S., Aprilia, I., Rosadian, E. O., Kurniawan, W. H., Alfiah, S., & Retnoningrum, F. (2023). Sekolah bijak sampah sebagai upaya edukasi pengelolaan sampah dalam paradigma baru di SD Negeri Margoyasan. Abdimas Dewantara, 6(2), 108–117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).