Peningkatan Kemampuan Literasi dan Pengembangan Karakter Anak Melalui Bercerita di Lembaga PAUD di Gang Dolly

Authors

  • Yulia Setia Petra Christian University
  • Kristina Angelia Kharisti Petra Christian University
  • Graciela Hilda Hauteas Petra Christian University
  • Cristin Cahyaning Rahayu Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/share.10.1.17-26

Keywords:

anak usia dini, bercerita, karakter, literasi

Abstract

Keterampilan literasi dan karakter merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan. Namun, pada faktanya kondisi literasi anak di Indonesia masih sangat rendah. Terkhusus di Surabaya, tingkat minat baca masyarakatnya ada di angka 64,7%. Namun, angka ini masih dirasa kurang dan belum tersebar di seluruh wilayah Surabaya. Khususnya di lingkungan yang kurang mendapatkan perhatian lebih mengenai hal ini. Seperti di lingkungan Gang Dolly Surabaya, masih didapati anak-anak usia dini yang tidak memiliki literasi bahasa dan karakter yang baik. Selain itu, tidak semua orang tua memiliki kesadaran akan pentingnya keterampilan ini untuk dimiliki anak mereka sejak dini. Melihat pentingnya melatih keterampilan literasi dan karakter sejak dini, maka diadakanlah program pengabdian masyarakat (PkM) yang dirancang dan dilakukan untuk menolong para orang tua dan juga anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan literasi dan karakter sejak dini. Tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melakukan persiapan dengan melakukan riset mengenai pentingnya keterampilan literasi bahasa dan karakter anak sejak dini dan cara mengembangkannya. Setelah itu dilakukanya kegiatan survei dan percakapan dengan pihak PAUD dan Ketua RT di Gang Dolly. Setelah menemukan permasalahan dan usulan kegiatan, maka tim PkM melakukan persiapan kegiatan. Kegiatan pun akhirnya diadakan dua kali pertemuan yang berisikan materi mengenai pentingnya bercerita kepada anak-anak dan memperkenalkan cara praktis orang tua untuk nantinya dapat meningkatkan kemampuan literasi dan karakter anak. Kegiatan ini meliputi kegiatan parenting class dan kegiatan bersama anak-anak yaitu kegiatan bercerita, menggambar, dan juga melakukan aktivitas pendukung lainnya. Kegiatan ini dilakukan pada dua tempat yang berbeda di Gang Dolly Surabaya, yaitu PAUD Cahaya Bunda dan TK Hati Bapa. Selain memberikan materi dan kegiatan pada orang tua dan anak, program pengabdian masyarakat ini juga memberikan fasilitas penunjang literasi bahasa anak berupa pojok baca untuk kedua lembaga PAUD di sana. Setelah kegiatan berlangsung, tim melakukan evaluasi akan kegiatan tersebut kepada para peserta dan pengelola PAUD yang ada. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak kesadaran pada orang tua dan pendidik PAUD akan pentingnya keterampilan literasi dan karakter anak meningkat. Anak-anak juga mendapatkan exposure akan kegiatan yang mengembangkan keterampilan literasi yang menyenangkan.

Author Biography

Yulia Setia, Petra Christian University

SINTA ID: 6833670, GS ID: oXh3VKYAAAAJ&hl

References

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, 2016. (n.d.). Retrieved October 12, 2022, from https://repositori.kemdikbud.go.id/419/1/Buku%20Saku%20Gerakan%20Literasi%20Sekolah%20Ditjen%20Dikdasmen%20Kemendikbud.pdf

Dachi, M. A. (2022, October 19). Indonesia Kejar Ketertinggalan Literasi Sains dengan Kolaborasi. Retrieved from https://m.mediaindonesia.com/humaniora/530788/indonesia-kejar-ketertinggalan-literasi-sains-dengan-kolaborasi

Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Direktorat Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (2020). Literasi adalah kompetensi abad XXI. Retrieved from https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Literasi-Adalah-Kompetensi-AbadXXI#:~:text=PG%20Dikdas%20%E2%80%93%20Literasi%20dasar%20yang,bermuara%20pada%20pembelajaran%20sepanjang%20hayat

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik Dwija Cendekia, 4(1).

Manumoyoso, A. H. (2023, Januari 2023). Minat baca masyarakat Surabaya harus ditingkatkan Retrieved from https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/01/17/minat-baca-warga-surabaya-perlu-ditingkatkan

Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model pengawasan orang tua terhadap penggunaan media digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1).

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan gadget pada anak; tantangan baru orang tua milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000.

Novrani, A., Catuwulandari, D., Purwestri., Anninsa, E., & Faridah, I. (2021). Buku saku pengembangan literasi untuk anak usia 5-6 tahun, 2021. Retrieved from https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf

Patrama, M. Y. P., & Nugroho, R. (2021). Dampak negatif penggunaan gawai pada anak dalam pembelajaran daring di KB Al Falah Darussalam Tropodo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah: J+PLUS UNESA, 10(2), 328-336.

Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran orang tua dalam pengembangan literasi dini pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Widya Kumara, 1(2).

Puspitasari, Dani., Lim, B.V., Evelina, R., & Setia, Y. (2023) The emergent literacy activities through the storytelling method with flashcard media for early childhood education. Journal of Digital Learning and Education, 3(1), 32-39.

Sandjaja, S. (2001). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di Indonesia. Dikdas Bantara, 1(1).

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan literasi bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Golden Age, 5(1).

Zati, V.D.A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Setia, Y., Kharisti, K. A., Hauteas, G. H., & Rahayu, C. C. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Pengembangan Karakter Anak Melalui Bercerita di Lembaga PAUD di Gang Dolly. Share: Journal of Service Learning, 10(1), 17-26. https://doi.org/10.9744/share.10.1.17-26