Storytelling untuk Pembelajaran Keuangan Sejak Usia Dini

Authors

  • Njo Anastasia Petra Christian University
  • Nanik Linawati Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/share.10.1.27-34

Keywords:

anak usia dini, literasi keuangan, storytelling

Abstract

Storytelling pada anak usia dini melalui dongeng merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat menggugah minat anak-anak. Karakter pemeran dalam dongeng dapat diceritakan dengan lebih menarik melalui intonasi suara dan gerakan untuk menggugah imajinasi anak-anak sehingga dapat lebih mudah dipahami. Permasalahnya, anak usia dini sulit memahami pengetahuan keuangan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan literasi keuangan pada anak usia dini melalui storytelling untuk menanamkan pendidikan karakter. Secara tidak langsung, dongeng dapat membentuk tabiat, sikap serta perilaku anak-anak salah satunya perilaku keuangan. Literasi keuangan yang disampaikan terkait kegiatan menabung serta menanamkan kata-kata penting tentang keuangan seperti hemat dan boros. Metode pelaksanaan dimulai dari pendataan sekolah yang diajak kolaborasi, mempersiapkan materi dan media pembelajaran sesuai karakteristik sekolah serta melakukan evaluasi akhir kegiatan. Media pembelajaran menggunakan cerita dongeng, boneka peraga, dan games. Kegiatan ini dilakukan lebih kurang satu semester pada tiap bulan sesuai jadwal yang ditentukan di sepuluh sekolah Taman Kanak-Kanak di Surabaya. Mahasiswa dan dosen turut berkolaborasi sebagai pemain karakter dalam dongeng yang diceritakan di kelas. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan anak-anak antusias mengikuti aktivitas kelas saat sesi dongeng, merasa menjadi tokoh penting dalam dongeng sehingga ingin bertindak sesuai tokoh yang diperankan dengan membagikan atau menerapkan hal-hal baik pada teman dan keluarga. Anak-anak juga antusias bercerita kembali pada orang tua tentang kegiatan yang dilakukan saat sesi dongeng. Secara tidak langsung, orang tua turut dilibatkan untuk ikut membimbing anaknya terkait pembentukan karakter dan pengetahuan keuangan sejak usia dini. Pada akhirnya, kegiatan ini memberikan manfaat pada anak-anak di sekolah Taman Kanak-Kanak, dosen dan mahasiswa yang berkolaboasi untuk mengenalkan dan menanamkan pemahaman literasi keuangan sejak dini sehingga terbentuk generasi bijak keuangan.

Author Biographies

Njo Anastasia, Petra Christian University

SINTA ID: 5984334, GS ID: Kf2J1igAAAAJ&hl

Nanik Linawati, Petra Christian University

Dosen di Program Finance & Investment, School of Business Management. SINTA ID: 6669965, GS ID: wDx5HhcAAAAJ&hl

References

Boris, V. (2017). What makes storytelling so effective for learning?. [Online] Diambil dari https://www.harvardbusiness.org/what-makes-storytelling-so-effective-for-learning/. Diakses 20 August 2023.

Flynn, E. E. (2013). What story circles reveal about preschool children’s storytelling. USA: University of Michigan.

Gunawan, I. G. D., Pranata & Mitro. (2019). Cerita dongeng sebagai media pendidikan karakter anak usia dini. Tampung Penyang, 17(1), 73-87.

Mulyani, S. A. (2013). Penggunaan boneka sebagai media simulasi kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(2), 20-25.

NotaKejar. (2023). 7 Metode pendidikan usia dini yang mudah diterapkan di rumah. [Online] Diambil dari https://blog.kejarcita.id/7-macam-metode-pendidikan-usia-dini-yang-mudah-diterapkan/. Diakses 22 August 2023.

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Literasi keuangan bagi anak usia dini: apa pentingnya?. [Online] Diambil dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629. Diakses 22 August 2023.

Richmond. (2023). Richmond county school system. [Online] Diambil dari https://www.rcboe.org/cms/lib010/GA01903614/Centricity/Domain/4395/Elements%20of%20a%20Story.pdf. Diakses 22 August 2023.

Sari, Y. N. I. (2022). Tingkatkan kemampuan sosial, ini 7 manfaat main boneka untuk anak-anak. [Online] Diambil dari https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-main-boneka-untuk-anak. Diakses 3 September 2023.

Team BrightChamps. (2023). Financial literacy for kids: Top resources to teach kids about finance and money. [Online] Diambil dari https://brightchamps.com/blog/teaching-financial-literacy-for-kids/ Diakses August 2023.

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika, 15(2), 42-46.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Anastasia, N., & Linawati, N. (2024). Storytelling untuk Pembelajaran Keuangan Sejak Usia Dini. Share: Journal of Service Learning, 10(1), 27-34. https://doi.org/10.9744/share.10.1.27-34