Pendampingan Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah Dalam Tranformasi Pendidikan Di Era Artificial Intelligence

Authors

  • Faulinda Ely Nastiti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Singgih Purnomo Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Wijiyanto Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.9744/share.11.2.73-80

Keywords:

kecerdasan buatan, generasi z, edcofe, consensus, gamma

Abstract

Generasi Z, yang dicirikan sebagai generasi digital karena tumbuh dalam lingkungan yang digerakkan oleh teknologi. Oeh sebab itu, lembaga pendidikan harus menerapkan metode pengajaran yang adaptif, menggabungkan pembelajaran yang dipersonalisasi dan konten interaktif. Teknologi artificial intelligence (AI) memiliki potensi yang signifikan untuk merevolusi pendidikan. Namun, integrasi AI yang berhasil memerlukan investasi yang besar dalam pelatihan pendidik dan infrastruktur teknologi. Survei pendahuluan terhadap 30 kepala sekolah menengah di Surakarta mengungkap hambatan utama dalam memenuhi kebutuhan pendidikan Generasi Z. Kepala sekolah melaporkan tantangan dalam pengembangan kurikulum, relevansi materi pengajaran, dan kesiapan pendidik untuk menggunakan alat berbasis AI. Sebagai tanggapan, program pendampingan terstruktur dikembangkan, termasuk penilaian kebutuhan, lokakarya pelatihan, dan implementasi percontohan perencanaan pelajaran dan materi pengajaran yang dibantu AI. Program ini memperkenalkan berbagai alat seperti EdCofe, Consensus, dan Gamma, yang memungkinkan kepala sekolah untuk membuat sumber daya yang inovatif dan disesuaikan dengan tuntutan pembelajaran kontemporer. Hasil setelah pelatihan mengungkapkan sebesar 85% responden setuju bahwa rencana yang dihasilkan AI lebih terstruktur dan selaras dengan standar kurikulum selama promnya benar.  Setalah pelatihan keragaman materi pengajaran meningkat, dengan 91% kepala sekolah mengakui akses ke berbagai sumber daya yang disesuaikan dengan berbagai gaya belajar. Evalusi dari para kepala sekolah sangat positif, dengan 90% menyatakan puas dengan pemanfaatan AI. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan AI tidak hanya meningkatkan efisiensi perencanaan pembelajaran, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan yang lebih relevan dengan karakteristik generasi digital.

References

Bucăţa, G. (2023). Challenges at the Educational Level in the Teaching and Training of Generation “Z.” Land Forces Academy Review, 28(4), 265–276. https://doi.org/10.2478/raft-2023-0031

Dewi, C. A., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(11), 88. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.19871

Firdaus, M. F., Wibawa, J. N., & Rahman, F. F. (2023). Utilization of GPT-4 to Improve Education Quality Through Personalized Learning for Generation Z in Indonesia. IT for Society, 8(1). https://doi.org/10.33021/itfs.v8i1.4728

Kim, K., & Kwon, K. (2024). Designing an Inclusive Artificial Intelligence (AI) Curriculum for Elementary Students to Address Gender Differences With Collaborative and Tangible Approaches. Journal of Educational Computing Research, 62(7), 1837–1864. https://doi.org/10.1177/07356331241271059

Kostikova, I., Holubnycha, L., Besarab, T., Moshynska, O., Moroz, T., & Shamaieva, I. (2024). Chat GPT for Professional English Course Development. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 18(02), 68–81. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i02.46623

Ma, C., Lan, T., Xue, H., Xu, L., Wang, C., & Hong, Z. (2024). Reshaping the Teacher-Student Relationship in Higher Education Through ChatGPT. Journal of Education and Educational Research, 10(1), 297–300. https://doi.org/10.54097/sqszfv73

Md Khalid, N., Senom, F., Muhamad, A. S., Mansor, N. M. F., & Saleh, N. H. (2023). Implementation of PERMA Model into Teaching and Learning of Generation Z. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(9), 423–441. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.9.23

Reedy, N. E., Ayriss, P., Alcock, M., Van Rensburg, H., Kay, J., & Lindsay, J. (2024). Tapping into Gen Z Ways to Enhance E-learning and Meaningful Connections. European Conference on E-Learning, 23(1), 531–534. https://doi.org/10.34190/ecel.23.1.3035

Thanh, T. T., & Thanh Loan, N. (2024). Positive Impacts of Chat GPT on English Teachers. International Journal of Current Science Research and Review, 07(06). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V7-i6-35

Yusuf, B. (2024). Teknologi dan Personalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam untuk Generasi Z. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 277–285. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.344

Zhang, J., & Zhang, Z. (2024). AI in teacher education: Unlocking new dimensions in teaching support, inclusive learning, and digital literacy. Journal of Computer Assisted Learning, 40(4), 1871–1885. https://doi.org/10.1111/jcal.12988

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Nastiti, F. E., Purnomo, S., & Wijiyanto, W. (2025). Pendampingan Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah Dalam Tranformasi Pendidikan Di Era Artificial Intelligence. Share: Journal of Service Learning, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.9744/share.11.2.73-80