Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis TPACK Untuk Guru Pada Program PPG DALJAB Angkatan 2023
DOI:
https://doi.org/10.9744/share.11.2.103-109Keywords:
media pembelajaran, matematika, TPACKAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Saat ini guru dituntut untuk dapat mengintegrasikan teknologi sebagai media pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran tetap relevan dengan perkembangan zaman. Akan tetapi, tidak semua integrasi teknologi berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu guru harus memahami prinsip-prinsip integrasi teknologi seperti TPACK, dalam kegiatan pembelajaran, temasuk dalam media pembelajaran. Saat mengikuti program profesi guru dalam jabatan, para guru diminta untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah yang menjadi penyebab masalah belajar peserta didik. Salah satu akar masalah yang cukup sering muncul adalah keterbatasan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan workshop perancangan media pembelajaran berbasi TPACK ini dilaksanakan, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi kedalam media pembelajaran. Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap kegiatan, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Pada tahap persiapan, materi dirancang secara mandiri oleh para narasumber. Sebagai bentuk evaluasi, dipersiapkan pula Angket Pengetahuan Awal dan Angket Pengetahuan Akhir yang selanjutnya di validasi oleh ahli. Tahap pelaksanaan dilakukan di tanggal 19-20 Juli 2024 dengan jumlah peserta 19 orang. Pada kegiatan workshop para narasumber menyampaikan materi, kemudian para guru melakukan praktik dengan membuat suatu media ajar berbasis teknologi. Sebelum dan sesudah kegiatan workshop terlaksana, para guru mengisi survei untuk melihat apakah ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan setelah mengikuti workshop. Ada 9 guru yang mengisi Angket Pengetahuan Awal dan Akhir secara lengkap. Hasil dari kegiatan ini adalah terdapat peningkatan dalam pengetahuan dan keterampilan para guru sebesar 9,36%. Hasil diperoleh dengan membandingkan dan mencari presentase dari rata-rata skor pada Angket Pengetahuan Awal dan Angket Pengetahuan Akhir. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya adalah teknis kegiatan yang perlu lebih melibatkan para guru untuk secara aktif melakukan simulasi, pemanfaatan media pendampingan jarak jauh yang menggunakan tiap fitur dengan optimal dan melibatkan para guru, serta perencanaan kegiatan pendampingan selanjutnya yang lebih panjang durasi waktunya.
References
Jauhar, S., Nur., N. & Sudirman. (2022). Analisis Penggunan Media Pembelajaran Worldwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professi, 1(3).
Novilia, R., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2022). Blended Learning Models dengan Pendekatan TPACK Berbantuan E-Learning: Dampaknya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(2), 155.
Nurhasanah, F. A. & Usman, H. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(3), 131 – 139.
Octariani, D. & Sembiring, M. B. (2023). Validasi Perangkat Pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK. Jurnal Matematics Paedagogic, 7(2), 129-135.
Purwaningsih, E., Nurhadi, D. & Msjkur, K. (2019). TPACK Development of Prospective Physics Teachers to Ease the Achievement of Learning Objectives: A Case Study at University of Malang, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1).
Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICD dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX Tahun 2017. 23 September 2017, Palembang, Indonesia.1-14.
Suparman, M. A.(2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Syarifah, A. Z. & Yanuarto, W. N. (2023). Eksplorasi Pengembangan Matematika Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). PROMIXAL: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.
Usman, H., Anwar, M., Zakiah, L. & Laratmase, A. J. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis TPACK Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Klapa Nunggal, Kabupaten Bogor Jawa Barat. JURNAL PERDULI, 1(11).
Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge of Junior High School Mathematics Teacher in Teaching Linear Equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1).
Yi, L., Ying, Z. & Wijaya, T. T. (2019). The Trend of Mathematics Teaching Method Has. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 471-480.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mariani Dian, Gregoria Ariyanti, Fransiskus Gatot Iman Santoso, Kristophorus Divinanto Adi Yudono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain the copyright and publishing right, and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) followingthe publication of the article, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).